molase untuk udang

Manfaat Molase Untuk Udang Vaname

Diposting pada

Mengenal Molase

Molase adalah produk pemanis turunan yang muncul dari produk sampingan produksi gula pasir. Nama lain molase tetes tebu atau dalam bahasa inggrisnya adalah Sugar Blackstraps. Berbentuk cairan kental coklat hingga kehitaman. Dalam dunia kesehatan, turunan beberapa molase tergolong lebih sehat daripada gula pasir. Pembahasan pada kali ini adalah tentang manfaat molase untuk udang.

Awal dari proses untuk mendapatkan molase tersebut adalah dengan penghancuran tebu untuk mengambil air perasannya. Air tebu tersebut kemudian dipanaskan hingga pada akhirnya menghasilkan kristal gula. Cairan yang tertinggal setelah kristal gula terangkat, maka produk inilah yang bernama molase atau tetes tebu.

Proses tersebut akan diulangi oleh produsen gula hingga beberapa kali pemanasan. Tiap-tiap pemanasan akan menghasilkan jenis molase yang memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya.

Banyak kegunaan molase salah satunya adalah sebagai pemanis, termasuk untuk membuat kue. Namun hasil dari tiap-tiap molase dari tingkat pemanasan berbeda akan memberikan karakteristik yang berbeda. Analisa dari nutrisinya, molase blackstrap dilaporkan lebih menyehatkan karena mengandung lebih banyak mineral dan vitamin.

Kandungan Nutrisi Pada Molase

Berbeda dengan gula pasir, tetes tebu secara umum mengandung berbagai jenis mineral dan vitamin. Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam setiap satu sendok makan atau 20 gram molases serta persentasenya untuk kecukupan kebutuhan harian :

  • Mangan: 13%
  • Magnesium: 12%
  • Tembaga: 11%
  • Vitamin B6: 8%
  • Selenium: 6%
  • Kalium: 6%
  • Besi: 5%
  • Kalsium: 3%

Satu sendok makan molases atau tetes tebu menyumbangkan kalori sekitar 58. Nutrisi dan kandungan sukrosa yang terkandung pada Molases sangat bermanfaat bagi udang.

Penggunaan Molase Untuk Fermentasi Tambak Udang

Molase pada proses pembuatan fermentasi berguna dalam proses penumbuhan plankton. Sebelum penebaran dan pada persiapan lahan tambak setelah air budidaya masuk. Buat fermentasi dengan mencampurkan 20 liter molases dan 2 kilogram pakan udang vaname yang berbentuk serbuk.

Baca Juga >  Kegunaan Molase Pada Budidaya Udang Vaname

Lakukan penebaran hasil fermentasi dengan aplikasi probiotik. Adapun dosis dari aplikasi probiotik adalah 40 liter per dua hari. Penebaran Fermentasi dan probiotik sebaiknya pada pagi hari, tiga hari sebelum penebaran benur ke tambak. Nyalakan kincir selama tiga hari untuk membantu pengadukan.

Manfaat Molase Udang Vaname

Adapun tujuan pemberian molases yaitu untuk meningkatkan aktifitas bakteri yang menguntungkan di dalam air tambak udang vaname. Probiotik yang timbul hasil dari fermentasi molases berperan untuk memperbaiki laju pertumbuhan, memperbaiki kualitas lingkungan perairan, meningkatkan daya tahan tubuh udang vaname, dan meningkatkan efisiensi konversi pakan.

Bakteri probiotik yang tercampur dengan pakan terkonsumsi oleh udang, dan akan terserap ke dalam saluran pencernaan udang. Probiotik akan membentuk keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan udang, sehingga bisa menekan populasi bakteri patogen yang merupakan sumber penyakit bagi udang.

Tinggalkan Balasan