berak putih pada udang vanammei

Berak Putih Pada Udang Vanammei, Diskusi Cara Mengatasinya

Diposting pada

Berak putih pada udang vanammei atau Telek Putih, berikut Study Kasus atau berdasarkan Pengalaman Petambak.

Halo sahabat budidaya udang vaname, kali ini diskusi kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi penyakit berak putih pada udang vanammei, atau mencret atau telek putih.

Pertanyaan ini datang dari saudara kita Darus WM :

Begini Pertanyaannya :

Gimana cara mengatasi telek putih master?

 

Jawaban Beberapa Pengalaman Anggota Komunitas

Akhmad Ivannudin menjawab  ;

Coba Cari dulu penyebabnya, biasanya berak putih pada udang vanammei muncul karna 2 faktor intens  yaitu :

1.ehp
2.green coloni

Silahkan cari penyebab kemunculan 2 faktor tersebut. Analisa dari perlakuan 1 minggu sebelumnya. Bandingkan hasil lab minggu ini dan minggu sebelumnya. Simpulkan, Eksekusi. Panen bukanlah solusi yang realistis. Jika fcr masih oke, penyetelan parameter masih bisa berubah, untuk apa panen ?

Darus Wm : Akhmad Ivannudin makan nya mulai mogok pak

Akhmad Ivannudin :

Berati sudah telat penanganan, coba silahkan amati airnya, adakah selaput-selaput di permukaan?
Kalau ada fix dasar kolam dan seluruh kolom air anda kotor

Darus Wm : Akhmad Ivannudin ada pak.

Akhmad Ivannudin : Nah..fix..kotor sekali itu…busa pasti berkurang dan air jenuh. Lanjutkan dengan Sipon total, untuk mengurangi limbah.

Darus Wm : Akhmad Ivannudin oke makasi pak

Akhmad Ivannudin : Darus Wm habis itu ..silahkan anda pikirkan action setelah sipon. Hilangny busa pasti ada sebab, monggo cari jawabannya sendiri.

Didix Hermawan :

Pak Akhmad Ivannudin, saya mohon maaf dan ijin bertanya, Bagaimana seandainya busa normal pakan normal, hanya saja air berwarna hijau tua, sedikit atau kecerahan sampai 15 dan di dalam anco ada udang yg warna putih tulang, bagaimana solusinya pak 🙏

Akhmad Ivannudin :

Pak Didix Hermawan, apakah dalam ususnya terdapat pakan? Terus, bagaimana warna hepatopankreas nya pak? Dan berapa perbedaan Range ph pagi dan sorenya berapa?

Didix Hermawan : Akhmad Ivannudin, ususnya warna pakan alami bukan warna pakan coklat, hepatopankreas nya belum di cek pak, umur udang baru 47 hari, ring PH pagi 75 sorenya 83

Akhmad Ivannudin : Didix Hermawan oke range nya 0,8. Jelas dominasi bga cukup tinggi
Jika ususnya warna hijau tua/gelap, itu udang makan klekap/suspensi… Sangat beresiko infected vibrio dalam usus dan hepato, Kurangi dominasi bga,organik, jika doc 47 .. Lebih mudah jika ada data laboraturiumnya..untuk lebih paham brp % densitas macroplanktonya. Hati2 dengan jenis oscylatoria sp.

Didix Hermawan : Ok pak,terima kasih masukannya, mudah-mudahan an ini bisa jadi pelajaran buat saya, kalau air bagaimana pak, kecerahan 15 apa perlu penangan sirkulasi.

Jawaban Mengenai Berak Putih Pada Udang Vanammei Lainnya

Akhmad Ivannudin :

Utamakan buang air malam hari, karena pada malam hari macro mengendap kebawah dasar, bisa lebih efektif sipon pagi jam 3.

Akhmad Ivannudin : Isi air malam juga, sebaiknya jangan pagi, tambahkan dengan probiotik selektif plankton dengan dosis menyesuaikan, untuk membantu.

Akhmad Ivannudin : Alternatif lain untuk membatasi bga bisa tebar caco3 /merk omya nomor 5 yang halus, pagi jam 5 sebelum terbit matahari..dosis menyesuaikan

Mahendra : Akhmad Ivannudin bagaimana jika kadar vibrio hijau diusus udang tinggi mas?

Akhmad Ivannudin : Mahendra sudah cek Pcr? Total tbc dan % vibrio di hepato dan usus?
Bisa coba additif yang mengandung bakteri gram positif seperti bacillus subtilis, megaterium., L.cassey.

Mahendra : Akhmad Ivannudin pcr sudah fase pl, total TBC 12,000 & green vibrio 11% Chrococcus oscilatoria anabaena spirulina. Zooplanktom skeletonema chaetoceros, Protozoa

Akhmad Ivannudin : Mahendra fase pl benur gt mksudnya ?

Mahendra : Akhmad Ivannudin iya, PCR biaya mahal mas, Jika dilakukan kontiniu , sedangkan indeks infeksi virus negatif melalui test kit IQ 2000

Akhmad Ivannudin : Waduh kachaow 😬 Saya lakukan pcr di doc 90 mbw 26 gr..udang fase besar bukan pl brdasar surat sertifikasi cek lab benur

Akhmad Ivannudin : Tdk harus kontiniu, paling tidak coba lakukan 1x di fase 40 sd 60 hri

Mahendra : Maaf Mas, kachaownya kemana?

Akhmad Ivannudin : Mahendra loh itu cek pcr apa kok bisa ada macro plankton di dalamnya ?

Mahendra :

Dari total bacterial plate count Dan total vibrio, bisa terbaca phylogenity RNA bebas yang Patogen, PCR realtime sifatnya menentukan suspect atau positifnya infeksi virus

Mahendra : Akhmad Ivannudin sy tidak bertanya PCR mas, hasil check kualitas air laboratorium

Akhmad Ivannudin : Doc brpa

Mahendra : Akhmad Ivannudin 87

Akhmad Ivannudin : oke..jdi yg disebutkan td hasil lab doc 87 ya..trs td yg dtanyakan jika hepato dan usus udang ada vibrio green yg tinggi..

Akhmad Ivannudin : Nah untuk tbc yg 12000 dan vibrio 11% itu di perairan apa usus udangnya ?

Mahendra : Kadar kualitas air mas, Otomatis vibrio Ini sudah masuk Ke dalam usus udang, menurut pengalaman sy

Baca Juga >  Manfaat Udang Bagi Tubuh dan Khasiatnya Bagi Pria Wanita

Akhmad Ivannudin : Jika 11% itu di perairan..ya tbc gram positif anda kurang..paling tidak dbawah 5%. Jika ada knaikan tvc sudah dpastikan organik anda naik atau trjd drop phyto

Mahendra : Akhmad Ivannudin nah betul organic mattlernya naik

Akhmad Ivannudin : Soalnya pada kondisi tsb sya pernah lakukan cek tbc dan tvc langsung dr hepato dan usus mas, Bukan airnya…jd bisa tau kadar tbc dan tvc dalam hepato dan usus

Akhmad Ivannudin : Lebih bijak kita minimalkan organiknya dlu dgn sipon dan pngenceran dlu..

Mahendra : Terjadi kerusakan mesin aerasi utama, sehingga megalami drop oksigen, siklus hidup Bacterial positif Turun

Akhmad Ivannudin : Kendala tsb brp jam sampai teratasi? Drop oxigen bisa memicu organik tdk terdekomposisi maksimal ..apalagi jika tbc sampai drop…jika trjdi di kolam hdpe atau beton..lantai akan terasa licin. Potensi muncul berak putih akan lbh besar. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius.

Mahendra :

Akhmad Ivannudin, WFD belum timbul, namun mengarah kepada WFD jika masalah tidak segera teratasi. Penyebabnya adalah Konversi C/N ratio saya naikkan pasca drop oksigen untuk doormansi cyanobacter yg muncul oleh sebab lingkungan nya tepat.

Lanjutan Jawaban Diskusi Cara Mengatasi Berak Putih Pada Udang Vanammei

Akhmad Ivannudin : Ya sudah pasti mas…krn akan tjd penumpukan limbah protein jika tbc sampai drop..yg akhirnya di permukaan air akan timbul selaput halus indikasi limbah protein pakan. Dan biasanya busa akan pecah/berkurang. Tp sebagian juga ada yg busanya masih stabil. C/n di angka brp?

Mahendra : Bioflim surfaktan sy pecaj rangkaian Asam aminonya dengan mineral rantai panjang mixture Dengan C/N ratio 18%

Akhmad Ivannudin : 18% sudah cukup untuk kelangsungan hidup bakteri.. Untuk kondisi perairan pasca menaikan cn bgmn

Idris Sardi : Bersihkan dasar tambak. Ganti air banyak. Isi lagi bertahap. Kasih probiotik. puaskan 1x pakan. Bubuk bawang putih di larutkan di air campur pakan.

Haloho Margana Parlangat : Di sipon/ganti air hingga 30-40 persen.dan puasa kan 1hari kalau sudah parah.. pengalaman saya dan efektif.

Roby J. Maulana : Lakukan sampling usus, persentase populasi udang yg masih selamat, jika masih layak (>80% populasi ususnya berisi pelet), berikan pakan chuenshin Full pakan perhari dijadikan 70% 3 hari berturut2 sambil diamati perkembangannya dibantu oleh grobest lewat pengecekan hepato. Jika tidak sampai atau kurang dari 80% populasi, maka sebaiknya ada perhitungan ulang BEP untuk memutuskan layak atau tidaknya melanjutkan budidaya.

Mustajab : Roby J. Maulana saya teringat pesan orang tua.tak ada penyakit yg tak bisa di sembuhkan kecuali malas berobat.apakah ini TDK berlaku di budidaya udang master..?

Roby J. Maulana : Utk konsultasi lebih lanjut bisa di line telepon jam kerja normal

Abdur Rosyid Briboz : Untuk penjegahan berak putih, boleh apa tidak kalo pakan sore di campur dgn bawang putih??? Mohon pencerahannya master……

Roby J. Maulana : Untuk pencegahan WFD, berikan chuenshin 20% perhari, full pakan dipagi hari tanpa dicampur pakan reguler jam pakan berikutnya baru dilanjutkan pakan reguler, lakukan setiap hari hingga DOC 70, sambil dilakukan pengamatan hepato rutin. Hindari Potensi Overfeeding. Perketat pengawasan ancho. Overfeeding adalah kondisi pakan yang ada lebih dari kemampuan makan udang saat itu. Kemampuan makan udang bisa menurun bisa jadi penyebabnya adalah beberapa kondisi antara lain, moulting atau menurunnya kualitas air.

Roby J. Maulana :

Hal yg pasti :
– Udang yang sudah terkena White Feses Syndrome (telek putih) tidak bisa sembuh
– Udang yg belum terkena White Feses Syndrome (telek putih) itu yg bisa selamat
Step :
Lakukan Sampling Populasi persentase visual kondisi Hepato dan Mut cell.
Pertimbangan dari segi kelayakan, populasi yg bisa selamat masih berapa persen dari satu petak tambak, lakukan analisa pertimbangan segi budidaya (prediksi perkembangan biomas) dan finansial (perjalanan biaya operasional)

Sultan Mahardiaz : Hal yg termudah..
Selama msh mrpkn gejala, bersihkan dasar kolam..ganti air secara bertahap..ksh probiotik..puasakan 1-2hari.. Insya Allah angka kematian dapat tertekan.

Roby J. Maulana : Kalau ada yg bilang bisa menyembuhkan individu udang yg brstatus WFS, kalian boleh jadi beriman sama orang itu, karena dia punya kemampuan menghidupkan sel tubulus yg sudah mati yg sifatnya ungeneratif, atau dia dokter yg bisa melakukan cangkok tubulus satu persatu

Darus Wm : Roby J. Maulana alhamdulillah udah di sipon pk. Tpi makan nya jadi mogok..

Roby J. Maulana : Ya, perlahan, hitung ulang

Dikahanggara Ardi : setau saya udang kalau udah kena berak putih susah d atasi,,, wlu bisa hilang berak putih nya,,, tp prtubuhan nya sangat” lambat,,, kemungkinan besar lama kelamaan akan mati,,, solusinya klu udah layak panen lbh baek panen aja untuk mengurangi kerugian,,, mohon maaf klu salah dlm brpendapat,,,

Ari Anto :

Betul pak Dikahanggara Ardi, hal tersebut tidak salah.
Walau pun nampak nya sudah sembuh tapi berak putih pada udang vanammei membuat pertumbuhannya lelet atau Bantat.

2 thoughts on “Berak Putih Pada Udang Vanammei, Diskusi Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan