kincir tambak pengolah air
Foto/aeratorindonesia.com

Cara Pengolahan Air Tambak Udang Vaname

Diposting pada

Cara Pengolahan Air Tambak Udang untuk kolam budidaya adalah satu langkah penting di antara langkah-langkah budidaya udang lainnya. Water treatment atau tatacara pengolahan air merupakan faktor penting saat membudidayakan udang.

Air tentu berperang amat penting dalam budidaya udang karena air adalah sumber utama kehidupan udang di dalam tambak. Kebersihan dan tingkat sterilisasinya harus betul agar menghindari udang dari berbagai kemungkinan serangan penyakit. Yang bisa berdampak tidak baik bagi udang dan siapa-siapa yang mengonsumsinya nanti.

Tata Cara Pengolahan Air Tambak

Cara melakukan water treatment untuk kolam budidaya udang sendiri ada beberapa metodenya. Bisa melalui pemasangan kincir angin, juga bisa melalui tendon air. Jika memilih pengolahan air atau water treatment dengan tandon air, beberapa poin di bawah ini patut menjadi perhatian, di antaranya:

  • Tandon air memiliki manfaat sebagai pengontrol kualitas air dari sumber pemasukan airnya. Air yang menggenangi tandon berasal dari sumbernya. Sementara kondisi air yang berasal dari sumber ini bergantung pada cuaca atau kondisi lainnya yang memengaruhi kualitas air. Dengan adanya tandon air, dimaksudkan untuk memilah, mana kadar air yang baik untuk tambak, mana yang kurang baik.
  • Adanya tandon air dapat menjadi media uji coba air yang nantinya akan digunakan di dalam tambak. Adanya uji coba air di dalam tandon ini difungsikan sebagai seleksi atau media pemilahan agar air yang nantinya menggenangi tambak memiliki kualitas terbaik dan aman dari berbagai kemungkinan bahaya bagi produksi budidaya udang.
  • Peranan tandon air selanjutnya dalam pengairan tambak air adalah sebagai sumber plankton yang bermanfaat untuk kesuburan atau kualitas yang baik untuk air. Biasanya, jika cuaca sedang mendung atau sedang musim hujan, air pada tambak akan sulit terbentuk karena kekurangan plankton. Dengan adanya tandon air, dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kandungan plankton air pada tambak.
  • Adanya tandon air ialah sebagai penyeleksi air yang baik untuk tambak dan air yang kurang baik untuk tambak. Tandon air hanya akan memberikan keluaran air yang baik untuk tambak, sementara yang kurang baik akan tersaring pada tandon air. Ini jelas sangat berperan penting karena budidaya udang yang berkualitas baik bersumber dari pasokan air yang steril dan tergolong tidak berbahaya.
  • Keuntungan lainnya dari menggunakan tandon air adalah, kesuburan atau kualitas air di dalam tambak akan bertambah baik seiring waktu karena sedikit demi sedikit tumbuh biota air dengan nilai ekonomis pada tandon air.
Baca Juga >  Sindrom Kotoran Putih Pada Udang Vaname

Oksigen Hal Terpenting Dalam Budidaya Udang

Demikian di antaranya lima cara melakukan water treatment untuk kolam budidaya udang melalui metode tandon air. Selain pemanfaatan tandon air, dapat pula pakai metode water treatment ata pengolahan air lainnya. Seperti dengan penggunaan kincir angin. Dengan penggunaan kincir angin, tambak udang dapat mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Keberadaan oksigen tentu penting untuk semua jenis makhluk hidup, pun dengan udang.

Menilik sedemikian pentingnya peranan kedua cara pengolahan air atau water treatment untuk tambak udang. Perlulah kemudian kita mulai menaruh fokus yang serius pada kondisi perairan di dalam tambak. Sebab udang adalah hewan laut yang notabene membutuhkan air, cara melakukan water treatment untuk kolam budidaya udang adalah hal yang penting. Pahami lalu aplikasikan ketika memiliki peternakan atau budidaya udang untuk berbagai tujuan, terlebih untuk konsumsi.

Tinggalkan Balasan