6 Perbedaan HDD Dan SSD Paling Mencolok

6 Perbedaan HDD Dan SSD Paling Mencolok

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Perbedaan HDD Dan SSD, simak selengkapnya berikut ini.

Perbedaan keduanya pada dasarnya bisa di lihat dengan cara kasat mata. Ada pula hal yang lain yang membedakan mengenai dua perangkat ini.

Solid-state drive (SSD) dan juga Hard disk drive (HDD) sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Secara sederhana dapat di artikan.

Fungsi keduanya yaitu sebagai perangkat yang di gunakan untuk menyimpan data atau informasi yang ada pada laptop atau komputer.

Kedua benda ini memiliki perbedaan. Lantas, apa saja perbedaan dari keduanya. Di rangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

Perbedaan Antara SSD Dan HDD

  1. Komponen

Komponen kedua ini cukup berbeda. SSD menggunakan flash memory atau non-volatile yang berfungsi untuk menyimpan data.

Sehingga SSD tidak memiliki komponen yang dapat bergerak seperti pada HDD. Selain itu juga SSD lebih tahan terhadap goncangan dan getaran.

  1. Kapasitas

HDD unggul di banding SSD. HDD memiliki kapasitas 500. Sedangkan, SSD biasanya memiliki kapasitas memori sekitar 128 GB sampai 256 GB.

Baca Juga >  Cara Ikut Event Creator Snack Video untuk Mendapatkan Uang Tambahan
  1. Kecepatan

Kecepatan SSD lebih unggul di banding HDD. Karena menggunakan flash memory, SSD dapat memproses lebih cepat yaitu sekitar 25-100 kali.

  1. Cara Kerja

Cara kerja kedua perangkat ini berbeda. HDD menggunakan cara kerja mekanik dengan memutar piringan, sedangkan SSD menggunakan flash memory.

  1. Ketahanan

Bicara mengenai ketahanan, SSD memiliki daya tahan lebih unggul dari HDD. Karena menggunakan flash memory yang lebih ringkas.

Karena HDD masih menggunakan sistem kerja mekanik dengan memutar piringan di dalamnya, membuat rawan mengalami kerusakan.

  1. Harga

Jika dilihat dari harganya barangnya, SSD memiliki harga yang pantastis lebih mahal dibandingkan HDD.

Hal ini wajar dibandingkan dengan kecepatan yang ditawarkan oleh SSD. Selain itu juga terdapat manfaat lain dari SSD yang tidak dimiliki HDD.

Akhir kata

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Perbedaan HDD Dan SSD semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.