penyakit udang gagal mouting
Udang Sakit di dasar kolam

Penyebab Udang Gagal Moulting dan Solusinya

Diposting pada

Apa Penyebab Udang Gagal Moulting?

Pertanyaan :

Mohon pencerahan…
Apa penyebab udang gagal molting dan bagaimana cara untuk menekan kematian akibat gagal molting…?

Cah Ndablek Thok :

Penyebabnya adalah alkali nya rendah,,

Syarifudin :

Udang moulting butuh 2 penunjang. Okesigen dan mineral
Biasanya kurang di mineral, Kasih azomite aja, harga terjangkau dan sudah terbukti bagus untuk menambah mineral dan membantu udang moulting. Untuk kolam 2000m² aja cukup 3-5kg tergantung intensitas moultingnya

Darmuji Ajja :
Penyebab udang gagal moulting nya adalah kurang nya oksigen bro

Sumiati :
Kunci nya kalau mengerti tanggal bulan molting msal 5 hari sebelum nya kita tabur kapur bisa pkok yang mengandung mineral atau alkali tabur terlalu over juga aman selsai molting kita ganti air normal kan kembali tergantung kepadatan juga pengaruh bos ku yakin lah pada diri sendiri.

Bnyk teman2 mengalami hal spt ini,,,gagal molting lalu mati…’.bingung juga….krna sy belom pernah mengalaminya… persoalan,,, molting dan mati,,, molting suatu hal yang harus memang di lalui oleh udang…kalo lazimnya bila kebutuhan kepentingan terpenuhi insya allah pasti ganti kulit ,….tapi kalo maksudnya habis molting lantas mati.,.,menurut saya besar kemungkinan pemaksaan….

Baca Juga >  Dampak La Nina Pada Udang Vaname

Fir Syah :
Jadi kalo pemaksaan jangankan udang manusia kita aja di paksa tumbuh cepat besar tdk sesuai tahapannya mungkin mati juga….kalo udang lambat pertumbuhannya itu bnyk fxraktor tapi ganti kulit bagi udang itu suatu keharusan dan pasti udang ganti kulit atau molting…..ok pak….

 

Kesimpulan Penyebab Udang Gagal Moulting :

  1. Penyebab udang gagal moulting bisa saja terjadi akibat alkalinitas rendah.
  2. Udang kemungkinan kekurangan oksigen dan mineral saat moulting terjadi. Oksigen merupakan salah satu hal terpenting dalam penunjang keberhasilan budidaya udang vaname. Tambah kincir yang cukup. Agar suplai oksigen aman untuk udang.
  3. Pelajari waktu kapan udang akan moulting, agar bisa mengantisipasinya dengan memberikan ozomite 5 hari sebelum udang moulting massal.
  4. Biarkan moulting terjadi secara alamiah pada udang, jangan diapa-apain. Jangan paksakan udang agar moulting lebih cepat.
  5. Perhatikan kebersihan tambak setiap saat, juga perhatikan keseimbangan ph, plankton dan suhu tambak setiap saat.

Tinggalkan Balasan