Peduli ESDM APK

Peduli ESDM APK untuk Cek dan Pengajuan Subsidi Listrik Lebih Mudah 

Diposting pada

Peduli ESDM APK adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengajukan subsidi listrik. Subsidi listrik sendiri merupakan bantuan dari pemerintah berupa besaran tarif listrik lebih murah bagi masyarakat kurang mampu, yaitu masyarakat yang menggunakan listrik daya 450 VA hingga 900 VA. Tertarik mencoba? 

Pengertian Aplikasi Peduli ESDM APK

Peduli ESDM APK
Peduli ESDM APK

Aplikasi Peduli ESDM adalah wujud dari upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, utamanya terkait subsidi listrik. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pemerintah dalam menyalurkan subsidi listrik secara tepat sasaran dan efisien. Sementara bagi masyarakat, aplikasi ini bisa menjadi sarana bagi mereka yang ingin mengajukan diri sebagai penerima subsidi listrik 

Ya, aplikasi Peduli ESDM ini memungkinkan Anda utnuk mengajukan subsidi listrik dengan mudah dan cepat dari ponsel android. Sementara kriteria penerima subsidi ini adalah masyarakat tidak mampu yang menggunakan daya listrik sebesar 450 VA sampai 900 VA. Apabila dirasa berhak dan memenuhi syarat, maka masyarakat bisa langsung mendaftarkan dan mengajukan diri melalui aplikasi ini. 

Fitur Peduli ESDM

Aplikasi Peduli ESDM memiliki beberapa fitur utama, yaitu: 

1. Cek NIK di BDT 

Bisa dikatakan bahwa fitur ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Melalui fitur ini, masyarakat dapat memeriksa apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka terdaftar di dalam Basis Data Terpadu (BDT) Rumah Tangga Prasejahtera atau tidak. Apabila terdaftar, maka warga berhak yang mendapatkan subsidi listrik tersebut kemudian bisa mendaftarkan diri. 

2. Cek Subsidi Listrik 

Selanjutnya, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apakah pengguna sudah mendapatkan subsidi listrik atau belum. Apabila belum atau data tidak tersedia, maka pengguna bisa mengajukan pengaduan subsidi listrik dari fitur ketiga aplikasi ini.  

3. Pengaduan Subsidi 

Fitur pengaduan subsidi ini digunakan untuk mengajukan pengaduan subsidi listrik apabila pengguna merasa berhak untuk mendapatkan subsidi namun pada kenyataannya belum pernah menerima. Dalam hal ini, pengguna bisa mengisi formulir pengaduan dengan data. Nah, data yang dimaksud meliputi NIK, nomor meteran listrik, alamat dan beberapa lainnya. 

Baca Juga >  Cara Mengatasi Layar HP yang Bergerak Sendiri, 100% Berhasil

4. Informasi Pengaduan 

Setelah mengajukan formulir, pengguna bisa memantau status pengaduan subsidi listrik tersebut dari fitur ini. Melalui fungsi informasi pengaduan ini, pengguna bisa mengetahui apakah pengaduan yang diajukan sedang diproses, diterima atau justru ditolak. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapat kejelasan dengan mudah. 

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli ESDM 

Nama Peduli
Requires Android
4.1 dan yang lebih tinggi
Versi 1.0.1
Ukuran File 131 MB
Pengembang Asli Pusdatin KESDM
Link Download Official
APK

Sebagai aplikasi resmi, masyarakat yang berniat untuk menggunakan aplikasi Peduli ESDM ini, bisa mengunduh dan menginstalnya di ponsel. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dengan ukuran instaler sekitar 4,4 MB saja. Sementara gambar ikon dari aplikasi ini memiliki desain mirip bintang. 

Berikut cara menggunakan aplikasi Peduli ESDM: 

  1. Setelah download dan menginstal aplikasinya, masyarakat perlu mendaftar akun terlebih dahulu 
  2. Untuk keperluan verifikasi, pengguna juga diharuskan untuk melengkapi profil akun dengan data yang sesuai dan valid 
  3. Setelah itu, pengguna bisa mulai mengakses berbagai fitur yang ada dalam aplikasi untuk berbagai keperluan 
  4. Untuk memastikan, pengguna bisa mulai dengan melakukan cek NIK di BDT terlebih dahulu 
  5. Apabila terdaftar, klik pada cek subsidi listrik untuk mengetahui status subsidi 
  6. Setelah melakukan pendaftaran valid dan dinyatakan memenuhi syarat sebagai penerima, pengguna bisa klik tombol pengaduan subsidi untuk mengajukan diri sebagai penerima subsidi listrik. 
  7. Masukan ID pelanggan PLN kemudian klik pada entri pengaduan subsidi 
  8. Silakan isi data sesuai informasi yang diperlihatkan pada layar aplikasi  
  9. Apabila semua dirasa sudah sesuai, klik Submit  
  10. Selanjutnya, pengguna bisa memantau perkembangan pengajuan pada bagian Informasi Pengaduan 

Peduli ESDM APK, Lebih Praktis Dibanding Versi Web 

Pada dasarnya, masyarakat bisa saja mengakses aplikasi versi web apabila enggan menginstal aplikasinya di ponsel. Pada halaman subsidi.djk.esdm.go.id ini, pengaduan yang telah disampaikan masyarakat dari kantor desa atau kelurahan, kemudian akan dimasukkan ke halaman tersebut. Namun untuk akses mudah, termasuk mengetahui status pengajuan, versi aplikasi mobile tetap lebih praktis karena pengguna tidak perlu memasukkan alamat setiap kali ingin cek status pengajuannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *