Meteran-Listrik-Bertuliskan-Periksa

Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Banyak pelanggan PLN yang mendapati meteran listrik mereka bertuliskan PERIKSA. Dan pastinya banyak juga yang bingung apa maksud tulisan tersebut.

Karena memang hal semacam ini tidak biasa kita dapati pada mereran listrik yang berfungsi normal dan mungkin ada masalah pada meteran tersebut.

Oleh karena itulah, kita harus segera cari tahu apa penyebab munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik PLN beserta bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Meteran Listrik Bertuliskan PERIKSA

Nah pertama-tama, kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik.

Karena sudah tentu hal tersebut menandakan ada yang tidak beres atau kerusakan pada instalasi listrik kita.

Meteran Rusak

Salah satu penyebab dari adanya tulisan PERIKSA pada meteran yaitu bisa disebabkan dari meteran yang memang dalam kondisi rusak dan tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Tombol Temper Terbuka

Tombol Temper merupakans ebuah tombol yang berfungsi sebagai pengaman meteran dari gangguan eksternal.

Baca Juga:  Begini 5 Cara Meningkatkan CPM YouTube Anda Sekarang¬†

Pada umumnya, tombol tersebut akan dalam kondisi tertutup, namun saat covernya terbuka, maka meteran akan langsung menyala dan muncul tulisan PERIKSA.

Kebocoran Arus Listrik

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab dari masalah ini yaitu adanya kebocoran arus listrik pada meteran di rumah kalian.

Munculnya tulisan PERIKSA tersebut menandakan ada hal yang tidak beres dan harus segera diatasi karena bisa berbahaya nantinya.

Grounding yang Salah

Grounding merupakan sistem pentanahan yang berfungsi untuk meniadakan beda potensial sehingga jika ada kebocoran arus bisa langsung dibuang ke tanah/bumi.

Nah jika Grounding tidak bagus atau salah, maka hal tersebut bisa sangat berbahaya untuk kita lho. Sehingga kalian harus periksa betul-betul hal yang satu ini demi keselamatan.

Instalasi Kabel Buruk

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak pengguna listrik adalah tentang instalasi kabel yang mereka lakukan.

Dimana banyak yang melakukannya secara sembarangan, hal ini bisa menyebabkan perbedaan arus listrik keluar dan masuk.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Bertuliskan PERIKSA

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari adanya tulisan PERIKSA pada meteran PLN, maka kita harus segera cari solusi untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Cara Membuat Foto Profil WA Menyala Lewat Hp

1. Jika kalian mendapati kondisi tersebut pada meteran listrik di rumah, maka yang perlu dilakukan adalah menghubungi kantor PLN terdekat.

2. Karena sebaiknya masalah yang satu ini ditangani oleh para teknisi yang sudah ahli dalam bidangnya.

3. Jangan sekali-kali kalian mencoba untuk memperbaikinya sendiri karena bisa sangat berbahaya dan melanggar peraturan.

4. Cukup hubungi call center PLN melalui 123 atau melalui website resmi dihttps://web.pln.co.id/kontak-kami, nantinya kalian akan dipandu untuk mencari solusi terbaik atas masalah tersebut.

Kesimpulan

Demikian tips trik untuk memperbaiki meteran listrik yang muncul tulisan PERIKSA. Jika kalian mendapati meteran PLN di rumah seperti itu, maka segera hubungi pihak PLN langsung.

Apakah kamu juga pernah menghadapi masalah token listrik gagal input? Maka cara paling ampuh adalah menghubungi tempat pembelian listrik pln dan mengecek kembali nomor token yang anda beli.

Karena bisa jadi ada kerusakan pada meteran atau mungkin instalasi listrik yang berbahaya. Jadi sebaiknya harus segera diatasi demi keselamatan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *