Membership Group dan Reference Group adalah Klasifikasi Kelompok Sosial

Diposting pada

Kelompok sosial adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Melalui kelompok sosial, individu dapat berinteraksi, berbagi nilai-nilai, dan membangun hubungan yang kuat. Dalam kelompok sosial, terdapat dua klasifikasi utama yang sering dibahas, yaitu membership group dan reference group.

Membership Group

Membership group adalah kelompok sosial di mana individu menjadi anggota resmi atau terdaftar. Biasanya, individu memilih untuk bergabung dengan kelompok ini karena memiliki minat, tujuan, atau aktivitas yang sama. Contoh dari membership group adalah klub olahraga, organisasi sosial, atau komunitas online.

Anggota dalam membership group biasanya terlibat dalam interaksi langsung secara fisik atau melalui media sosial. Mereka berbagi pengalaman, pengetahuan, dan minat yang sama. Dalam kelompok ini, individu dapat merasa lebih diterima, dihargai, dan mendapatkan dukungan dari sesama anggota.

Sebagai contoh, jika seseorang bergabung dengan klub sepak bola, mereka akan memiliki kesempatan untuk bermain bersama dengan anggota lainnya, bertukar informasi tentang teknik sepak bola, atau bahkan berpartisipasi dalam turnamen bersama. Melalui interaksi ini, individu dapat membangun ikatan sosial yang kuat dengan sesama anggota klub.

Baca Juga:  Tujuan Pemberontakan PRRI dan Permesta

Reference Group

Reference group adalah kelompok sosial yang memberikan acuan atau referensi bagi individu. Kelompok ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku, sikap, dan nilai-nilai individu. Biasanya, individu tidak menjadi anggota resmi dari reference group, namun mereka menganggap kelompok ini sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

Contoh dari reference group adalah selebriti, tokoh publik, atau kelompok profesional tertentu. Individu yang mengidolakan seorang selebriti atau mengikuti tren yang sedang populer adalah contoh dari pengaruh reference group. Mereka cenderung mengikuti gaya hidup, mode, atau kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Reference group dapat mempengaruhi individu dalam berbagai aspek kehidupan, seperti gaya berpakaian, cara berbicara, atau preferensi produk dan merek tertentu. Misalnya, jika seorang selebriti mengiklankan suatu produk, banyak orang yang akan terpengaruh dan cenderung membeli produk tersebut karena menganggapnya sebagai acuan.

Perbedaan antara Membership Group dan Reference Group

Meskipun terdapat beberapa persamaan antara membership group dan reference group, terdapat juga perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Perbedaan utama terletak pada keanggotaan dan pengaruh yang dimiliki.

Membership group melibatkan individu sebagai anggota resmi dengan tujuan dan minat yang sama. Interaksi dalam kelompok ini lebih intens dan berfokus pada hubungan antar anggota. Sementara itu, reference group tidak melibatkan individu sebagai anggota, namun memberikan pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan dan perilaku individu.

Baca Juga:  Identifikasi Ragam Material dan Teknik di Lingkungan Sekitar

Selain itu, membership group cenderung berfokus pada interaksi fisik atau online langsung antara anggota, sedangkan reference group memberikan pandangan dan acuan melalui media massa atau pengaruh yang tidak langsung.

Kesimpulan

Membership group dan reference group adalah dua klasifikasi utama dalam kelompok sosial. Membership group melibatkan individu sebagai anggota resmi dengan minat dan tujuan yang sama, sementara reference group memberikan pengaruh signifikan dalam pengambilan keputusan dan perilaku individu.

Kedua klasifikasi ini memiliki peran penting dalam membentuk identitas, nilai-nilai, dan perilaku individu. Dalam kehidupan sehari-hari, individu sering bergabung dengan membership group untuk memperluas jaringan sosial, belajar, dan berbagi pengalaman. Sementara itu, reference group memberikan pandangan dan acuan dalam pengambilan keputusan dan mempengaruhi gaya hidup individu.

Ketika memahami perbedaan dan peran keduanya, individu dapat lebih bijaksana dalam memilih kelompok sosial yang tepat untuk bergabung dan memanfaatkan pengaruhnya secara positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *