Layar-HP-bergerak-sendiri

Cara Mengatasi Layar HP yang Bergerak Sendiri, 100% Berhasil

Diposting pada

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para pengguna smartphone adalah layar yang bergerak sendiri. Hal tersebut tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

Karena di jaman sekarang, layar merupakan komponen utama yang berperan penting dalam segala aktivitas yang kita lakukan menggunakan smartphone. Sehingga jika layar bergerak sendiri, maka kita akan sulit untuk menggunakannya.

Lantas apa penyebab dari masalah ini dan apa tips solusi terbaik untuk mengetasinya? Nah jika kalian juga tengah menghadapi masalah yang sama, maka wajib simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri
Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Layar HP yang error memang cukup sering dialami oleh para pengguna smartphone. Karena memang komponen yang satu ini terbilang cukup rentan dan gampang rusak jika tidak dijaga dengan baik.

Untuk masalah layar yang suka bergerak sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang sebenarnya lebih efektif untuk membersikan layar hp terlebih dulu, lalu diantaranya penyebeb yang lebih lengkap sebagai berikut.

1. Kerusakan Pada Layar

Salah satu penyebab utama layar yang sudah tidak normal dan suka gerak sendiri bisa karena adanya kerusakan pada komponen LCD smartphone kalian.

Karena memang komponen ini begitu rentan dan gampang rusak apalagi ketika terkena benturan atau jatuh sudah pasti akan berdampak padanya.

2. Charger Tidak Original

Banyak yang yang tidak menyadari bahwa penggunaan charger yang tidak original akan merusak komponen smartphone cepat atau lambat.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Shopee Tidak Bisa Memilih Jasa Pengiriman¬†

Karena kualitas charger yang tidak bagus bisa menyebabkan arus daya yang masuk ke HP juga tidak stabil sehingga bisa merusak komponen di dalamnya.

Khususnya jika smartphone kalian error dan sering bergerak sendiri ketika sedang dicas, maka itu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan chargernya.

3. Screen Protector Rusak

Tempered Glass atau Screen Protector merupakan salah satu komponen penting untuk melindungi layar HP kita dari risiko pecah akibat benturan atau jatuh.

Nah kalian juga harus memperhatikan apakah kondisi TG dan pelindung layar masih dalam kondisi yang bagus.

Karena jika kondisinya sudah jelek karena digunakan bertahun-tahun atau sudah retak dan pecah, maka sebaiknya segera diganti karena bisa mengganggu performa smartphone itu sendiri.

4. HP Mengalami Overheat

Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa menyebabkan ia mengalami overheat atau panas yang berlebih.

Nah hal tersebut juga bisa mempengaruhi performa dari si smartphone tersebut termasuk layarnya yang jadi bergerak-gerak sendiri.

Hindari penggunaan smartphone yang berlebihan terutama seperti bermain game sambil cas karena bisa membuat suhunya cepat naik dan mengalami overheat.

5. RAM Penuh

RAM merupakan komponen penting yang sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah smartphone. Ketika kapasitas RAM penuh akibat banyaknya aktivitas, maka HP bisa hang, freeze atau bahkan bergerak sendiri.

Jadi sebaiknya kalian gunakan smartphone secara bijak dan jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Karena hal tersebut akan membuat HP tidak bisa menangani kinerja yang melebihi kemampuan hardwarenya.

6. Bug Pada ROM

LCD yang bergerak sendiri juga bisa disebabkan oleh adanya bug atau error pada sistem operasi smartphone kalian.

Khususnya bagi yang menggunakan custom ROM tidak resmi maka akan lebih berisiko untuk terkena masalah seperti ini.

Baca Juga:  Ini Dia Nama Filter IG Langit Aesthetic yang Sempat Viral

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Nah sekarang mari kita cari solusi agar layar smartphone tidak suka bergerak sendiri lagi. Apa solusi terbaiknya?

1. Ganti Charger Original

Hal terpenting ketika menggunakan smartphone adalah komponen dan perlengkapan yang harus original dan berkualitas.

Khususnya untuk charger yang hampir setiap hari kita gunakan maka harus menggunakan komponen yang bagus.

Pakailah charger yang original untuk memastikan kualitas dan arus daya yang ia berikan bisa stabil dan tidak merusak komponen smartphone.

2. Ganti Tempered Glass

Pelindung layar juga sebaiknya diperhatikan agar tidak menganggu performa HP. Jika sekiranya TG sudah jelek dan rusak, maka sebaiknya diganti saja.

Karena jika tidak, maka nantinya bisa menyebabkan LCD yang ada dibawah TG tersebut kesulitan untuk merespon sentuhan yang kita berikan.

Sehingga seakan-akan smartphone jadi kurang merespon dan suka bergerak-gerak sendiri karenanya.

3. Ganti atau Update ROM

Berikutnya kalian juga wajib banget untuk rajin melakukan update pada sistem operasi smartphone kalian. Hal tersebut untuk menghindari adanya error atau bug yang mungkin terjadi.

Bagi yang menggunakan custom ROM, juga sebaiknya kembali ke Stock ROM yang lebih aman dan untuk menghindari terjadinya berbagai masalah akibat ROM yang tidak stabil.

4. Bawa ke Tempat Service

Untuk memastikan bahwa tidak ada komponen smartphone yang rusak, maka kalian bisa bawa HP ke tempat service.

Sehingga disana bisa dilakukan pengecekan oleh tenaga ahli untuk mengetahui penyebab masalah utama yang terjadi.

Kesimpulan

demikian beberapa tips trik untuk mengatasi layar HP yang suka bergerak sendiri. Kalian bisa cari penyebab utama masalah ini dan cari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *