Panel-Layar-IPS

Kelebihan dan Kekurangan Panel Layar IPS Pada Smartphone Laptop

Diposting pada

IPS atau In-Plane Switching merupakan salah satu jenis panel layar yang banyak digunakan pada smartphone, laptop ataupun gadget lainnya.

Ia pertama kali muncul pada tahun 1996 yang saat itu mampu menjadi solusi 2 masalah yang dimiliki oleh panel TN yaitu sudut pandang yang lebih luas dan reproduksi warna lebih baik.

Namun di sisi lain, panel IPS juga memiliki beberapa kekurangan lain yang wajib kalian ketahui. Nah bagi yang ingin membeli gadget baik smartphone atau laptop, harus simak dulu pembahasan berikut ini.

Kelebihan Layar IPS

Panel Layar IPS
Panel Layar IPS

Kehadiran panel layar IPS memang mampu menjadi solusi atas beberapa masalah pada jenis panel layar yang sudah pernah ada sebelumnya. Nah berikut beberapa keunggulan yang dimilikinya.

1. Biaya Produksi Lebih Murah

Dibandingkan dengan jenis panel layar lain seperti OLED, tentu IPS memiliki biaya produksi yang jauh lebih murah.

Sehingga tak heran jika panel ini banyak digunakan untuk berbagai macam gadget mulai dari smartphone, laptop, tablet karena bisa memangkas biaya produksi.

2. Refresh Rate Tinggi

Panel layar IPS juga telah memiliki dukungan terhadap refresh rate yang tinggi. Kalian bisa lihat ada banyak gadget berpanel IPS dengan refresh rate 90, 120 hingga 144 Hz.

Baca Juga:  5 Cara Agar Blog Dapat Visitor, Terapkan Sekarang Juga¬†

Sehingga hal tersebut akan membuat gambar yang tampil di layar menjadi lebih terlihat halus dan juga tidak patah-patah ketika kita gunakan.

3. Reproduksi Warna yang Baik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ini merupakan salah satu kelemahan dari panel TN yang berhasil diatasi oleh panel IPS.

Tampilan warna yang dihasilkan oleh layar IPS lebih mendekati warna asli sehingga akan sangat cocok kegiatan editing bagi content creator, desain grafis dll.

4. Viewing Angle Luas

Ketika kalian melihat ke layar HP atau laptop dari sudut kemiringan tertentu, maka biasanya tampilan yang ada di layar tidak akan terlihat dengan jelas.

Nah masalah ini juga berhasil diatasi oleh panel layar IPS karena memiliki viewing angle yang lebih luas sehingga meski dilihat dari arah sudut pun masih jelas.

5. Visibilitas di Bawah Cahaya

Seringkali ketika kita menggunakan gadget di bawah terik sinar matahari, tampilannya tidak terlalu kelihatan dan kurang nyaman.

Nah hadirnya layar IPS juga mampu memberikan peningkatan visibilitas meski kita sedang berada di kondisi pencahayaan yang terang seperti luar ruangan.

6. Lebih Awet

Tahukah kalian bahwa masa pakai dari sebuah layar IPS itu bisa mencapai 10 hingga 20 tahun lho. Dibandingkan dengan jenis panel lain seperti OLED yang lebih mahal tetap masih mampu bersaing.

Bahkan layar OLED saja hanya diklaim bisa bertahan sampai dengan 11 tahun penggunaan. Terlebih lagu, layar OLED juga punya risiko terkena efek burn in atau perubahan warna permanen.

Kekurangan Layar IPS

Setelah membicarakan kelebihannya, tentu tak lengkap jika kita tak membahas tentang kekurangan layar IPS juga. Karena dibalik berbagai keunggulannya, ia juga punya kelemahan di beberapa sisi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar HP yang Bergerak Sendiri, 100% Berhasil

1. Warna Kurang Pekat

Untuk kekurangan pertama yang dimiliki oleh layar IPS yaitu dari warnanya yang kurang pekat. Karena memang rasio kontras layar ini tidaklah tinggi, sehingga warna hitam pun tidak terlalu gelap dan warna putih tidak terlalu cerah.

2. Responsivitas Kurang

Jika sebelumnya kita membandingkan beberapa kelebihan layar IPS dengan OLED, kini kita juga wajib tahu kekurangan yang dimilikinya.

Dimana layar IPS itu memiliki respone time yang lebih lambat jika dibandingkan dengan layar OLED.

Umumnya, layar OLED hanya butuh waktu 0,1 milidetik untuk merespon sentuhan, namun layar IPS butuh paling tidak 4 milidetik yang bahkan 4 kali lebih lambat dibandingkan layar TN.

3. Bentuk Lebih Tebal

Dari segi bentuk memang layar berjenis IPS ini akan jauh lebih tebal daripada OLED. Karena memang konstruksinya lebih rumit seperti memerlukan backlight, tidak seperti OLED yang bisa menghasilkan cahaya sendiri.

4. Konsumsi Daya Besar

Kemudian untuk konsumsi dayanya, panel IPS juga lebih boros dibandingkan jenis lainnya. Bahkan ada yang mengklaim bahwa konsumsi daya layar IPS 15% lebih tinggi dari layar TN dan 10 kali lebih tinggi dari OLED.

Karena memang IPS itu butuh backlight yang selalu menyala sehingga akan memerlukan daya yang lebih besar.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan dari panel layar IPS. Masing-masing jenis panel memang memiliki keunggulan dan kekuranganya tersendiri.

Jadi kalian harus pandai dalam memilih jenis panel mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *