Kartu SD Tidak Terbaca?

Kartu SD Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaikinya

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit artikel mengenai dengan kartu sd tidak terbaca.

Seperti yang kamu ketahui, saat ini tidak sedikit orang yang mempunyai smartphone canggih dan memiliki RAM atau memori internal yang sangat besar.

Namun, tidak menutup kemungkinan suatu saat kamu akan memerlukan kartu sd atau memori eksternal, karena ini merupakan barang yang sangat di butuhkan untuk menyimpan data.

Kartu SD Tidak Terbaca

Perlu kamu ketahui, meskipun kamu sudah memiliki memori internal yang cukup besar, tapi tetap saja kartu sd ini tidak bisa di sepelekan.

Tak jarang dan sering terjadi masalah kartu sd tiba-tiba tidak terbaca, apalagi di dalamnya berisi hal hal yang sangat penting.

Panik bukan? Tentunya, maka dari itu bagi kamu yang ingin tahu tentang cara mengatasi masalah tersebut, yuk simak ulasan artikel ini sampai dengan selesai!

Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca

1. Bersihkan kartu memori

Cara pertama untuk mengatasi masalah kartu sd tidak terdeteksi yaitu dengan mengeluarkan kartu sd tersebut dari gadget, pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.

Baca Juga >  Aplikasi Baca Novel Gratis, Rekomendasi Terbaru

Selanjutnya bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan menghapus pensil yang berwarna putih, lalu gosok perlahan sampai bersih.

Apabila kamu sudah menghapus nya dan yakin sudah bersih, maka masukkan kembali kartu sd ke dalam slot memori dan periksa apakah sudah terbaca atau masih belum terbaca.

2. Melakukan Format dari Android

Untuk langkahnya yaitu pertama, masukkan ke menu setting >Storage. Lalu di dalam menu tersebut akan ada pilihan erase sd card, nah dengan kamu menghapus sd card/ kartu sd, maka memori akan bersih kembali seperti semula.

3. Cek Error dari PC

Langkah pertama yaitu hubungkan android ke PC atau Laptop dengan menggunakan kabel data.

Selanjutnya pastikan kabel android kamu terhubung ke Mass Storage Mode (MSC) tentunya bukan Media Transfer Mode.

Lalu buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive kartu memori, berikutnya pilih properties> tools> eror checking dan tunggulah sampai proses tersebut selesai.

Setelah itu, eject kartu memori dan kemudian cek kembali apakah sudah terbaca atau masih belum terbaca.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan artikel yang dapat kami sampaikan semoga bisa membantu dan selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *