Fungsi Router Internet

4 Fungsi Router yang Harus Kamu Ketahui

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit artikel yang mengenai dengan fungsi router.

Penasaran bagaimana caranya kamu bisa terhubung ke internet? Maka router lah merupakan salah satu peran yang paling penting dalam proses penghubungan ke interelnet.

Perlu kamu ketahui, tanpa adanya router, maka kamu tidak bisa terhubung ke internet dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan internet seperti google, Facebook, whatsapp dan sosial media lainnya.

Mau tahu lebih lanjut tentang perangkat yang satu ini? Maka silahkan kamu simak informasi lengkapnya yaitu sebagai berikut!

Apa itu Router?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa router adalah salah satu perangkat yang berperan penting dalam proses penghubungan ke internet.

Router itu sendiri berfungsi untuk menghubungkan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing.

Saat ini tidak sedikit orang yang mencari tahu tentang fungsinya router. Nah, bagi kamu yang penasaran, maka silahkan simak ulasannya ada dibawah ini!!

Fungsi Router Internet

Di bawah ini terdapat beberapa kegunaan router yang harus kamu ketahui yaitu sebagai berikut.

  1. Penghubung jaringan
Baca Juga >  Review Aplikasi Internet Gratis untuk Android & PC Terbaru 2022

Fungsi router yang pertama yaitu penghubung jaringan, seperti yang telah di jelaskan di atas. Hal ini di lakukan supaya users dapat melakukan pembagian paket data internet antar jaringan.

  1. Transmisi informasi

Fungsi router selanjutnya yaitu mentransmisikan informasi dan paket data dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain.

Hal tersebut di lakukan dengan pola networking bridge supaya bisa menjalankan data dari suatu jaringan dan dapat di pakai oleh jaringan yang lain.

  1. Penghubung antara jaringan dan DSL

Fungsi berikutnya yaitu sebagai penghubung antara jaringan yang lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Link) sehingga dapat terpasang firewall yang berfungsi untuk menyaring dari semua data yang akan di teruskan.

  1. Packet filtering

Selain ketiga fungsi di atas, router juga berfungsi untuk packet filtering. Di mana router berfungsi untuk menyaring data internet yang beroperasi pada suatu jaringan.

Akhir Kata

Mungkin itulah artikel mengenai fungsi router, smeoga bisa bermanfaat ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.