em4 untuk udang

EM4 Untuk Udang Vaname. Apa Manfaat dan Fungsinya?

Diposting pada

EM4 Untuk Udang Vaname. Apa Manfaat dan Fungsinya?

Em4 adalah singkatan dari Effective Microorganism 4. EM4 merupakan sejenis pupuk yang mengandung kultur campuran dari mikroorganisme hidup yang sangat menguntungkan bagi kesuburan tanah, dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman karena menghasilkan mikroorganisme yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah. Penggunaan Em4 untuk udang sangat baik karena manfaatnya sangat baik.

Dengan kata lain, EM4 juga dapat disebut dengan probiotik karena memanfaatkan kandungan mikroorganisme baik dalam budidaya perairan tambak. Selain beberapa hal yang muncul pada penjelasan sebelumnya, ada beberapa manfaat lain dari ME4 yang sangat baik bagi perikanan dan tambak baik udang maupun ikan.

Perbedaan EM4 Untuk Pertanian dan Peternakan dan Perikanan

Perbedaannya terletak pada dosis dan cara penggunaan. Ketika menggunakan untuk pembuatan pupuk, namanya EM4 untuk pertanian. Jika terpakai untuk membuat pakan ternak namanya em4 untuk peternakan. Sedangkan EM4 Cairan Perikanan Tambak Aquaponik [1 L] merupakan kultur EM yang menguntungkan, berguna untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik, menekan pertumbuhan bakteri pathogen, menstimulasi enzim pencernaan dan meningkatkan kualitas air pada kolam atau tambak.

Fungsi EM4 Untuk Udang Vaname

  1. Meningkatkan daya tahan udang sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  2. Meningkatkan laju pertumbuhan udang, sehingga panen dengan cepat.
  3. Memfermentasi dan mengurai bahan-bahan organik yang mengendap pada dasar tambak dan kolam.
  4. Meningkatkan kadar Do dalam air, sehingga kualitas air tetap dalam keadaan stabil untuk keberlangsungan hidup ikan dan udang.
  5. Mengurangi risiko timbulnya gas amoniak, metan dan hidrogen sulfida pada kolam dan tambak.
  6. Aman dan ramah lingkungan, serta tidak memberikan efek negatif pada udang.
Baca Juga >  Aceh | Update Harga Udang Vaname Per 01 Februari 2020.

Penggunaan EM4 Untuk Tambak Udang

Bolehkan em4 dicampur dengan pupuk kimia lainnya? Sebaiknya, hindari pencampuran larutan EM4 dengan bahan-bahan kimia lainnya. Berikan selang waktu yang cukup untuk penyemprotan setelah mengggunakan larutan EM4 adalah 1 minggu jika ingin menggunakan pupuk kimia. Pada udang vaname, em4 sebaiknya pengaplikasiannya tersendiri. Probiotik em4 mengantuk probiotik organik alami. Penggunaan bersamaan dengan produk kimia, akan memberikan dampak yang berseberangan, sehingga hasil dari pengaplikasiannya tidak begitu mencolok. Coba berikan rentan waktu dalam pemakaiannya.!

Dosis Em4 Untuk Tambak Udang

Berapa sih dosis EM4 yang cocok untuk tambak Udang? Untuk tahap persiapan, bisa memakai 2-4 liter per hektar.  Penggunaan selanjutnya adalah sebanyak 16 liter pada masa budidaya atau setelah penebaran setiap bulannya.

Campuran Real EM4 bisa memakai porsentase sebagai berikut :

1liter dicampur

10 kg dedak ditambah

1 ltr molase dan

10 Gram ragi kering

Cara Menumbuhkan Plankton Dengan EM4

Dalam dosis campuran diatas meliputi em4, dedak, molase dan ragi. Dicampur dan menunggu tiga hingga 4 hari. Kemudian tebar pada tambak dengan tinggi air 70 cm dari dasar .

Gunakan seminggu sebelum tebar benur. Selanjutnya ulangi setiap 10 hari sampai panen. Tergantung juga kualitas atau tingkat kecerahan airnya.

Fungsi Lain dari EM4 Untuk Udang

  1. Menumbuhkan Plankton
  2. Menghijaukan air tambak udang
  3. Mengaktifkan Bakteri
  4. Sebagai Obat Penjernih tambak Udang
  5. Campuran pakan

Tinggalkan Balasan