E-Coklit-Tidak-Bisa-Dibuka

Kenapa Aplikasi E-Coklit Tidak Bisa Dibuka? Penyebab dan Solusinya

Diposting pada

Bagi kalian yang bertugas sebagai Pararlih, maka wajib banget download aplikasi bernama E-Coklit. Yaitu sebuah aplikasi yang akan memudahkan kalian dalam melakukan pencocokan data untuk pemilu 2024 nanti.

Namun banyak juga beberapa orang yang melaporkan bahwa aplikasi E-Coklit tidak bisa dibuka. Kenapa ya? Tentu kita harus segera cari tahu apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Apa Itu E-Coklit?

Apa Itu E-Coklit
Apa Itu E-Coklit

Adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU yang akan digunakan oleh PPK, PPS dan juga Pantarlih dalam proses pencocokan data pemilih pada pemilu 2024 nanti.

Sehingga prosesnya akan lebih mudah dan cepat daripada harus melakukan pendataan secara manual. Dengan app ini, proses pendataan bisa dilakukan secara digital.

Baca Juga:  Begini 2 Cara Hapus Google TV dari Ponsel dengan Mudah¬†

Kenapa Aplikasi E-Coklit Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Aplikasi E-Coklit Tidak Bisa Dibuka?
Kenapa Aplikasi E-Coklit Tidak Bisa Dibuka?

Mungkin ada diantara kalian yang mengalami masalah dimana tidak bisa membuka aplikasi E-Coklit ini. Kira-kira kenapa ya? Ketahui penyebab dan solusi untuk mengatasinya berikut ini.

1. Perangkat Tidak Kompatibel

Untuk menggunakan aplikasi E-Coklit ini, smartphone android kalian harus memiliki spesifikasi yang mumpuni, minimal dengan sistem operasi android versi 6 keatas.

Jika kalian menggunakan smartphone dengan spesifikasi di bawah itu, maka aplikasi tidak akan kompatibel dan akhirnya akan error ketika dibuka.

2. Petugas Belum Terverifikasi

Apliaksi E Coklit ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang bertugas sebagai Pantarlih yang sudah terverifikasi oleh otoritas Desa atau Kelurahan Setempat.

Jadi ini bukanlah app yang bisa digunakan oleh masyarakat umum karena kita perlu memasukkan identitas yang sudah terverifikasi agar bisa dipakai.

3. Belum Login ke Akun

Pastikan juga bahwa sebelum menggunakan aplikasi ini kalian login menggunakan akun yang sudah diberikan kepada para petugas Pantarlih. Karena tanpanya, app ini tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Apa Itu Shopee Haul? Berikut Arti dan Penjelasannya

4. Akun Dipakai Lebih dari 1 Perangkat

Sebaiknya aplikasi E-Coklit dengan identitas yang sama digunakan pada satu perangkat saja. Karena jika dipakai di 2 perangkat atau lebih maka akan menyebabkan error atau crash.

5. Jaringan Tidak Stabil

Kalian juga harus memperhatikan dari segi jaringan untuk memastikan koneksi internet yang digunakan dalam kondisi bagus dan stabil.

Karena memang agar bisa bekerja dengan baik, aplikasi E Coklit ini membutuhkan koneksi internet yang bagus.

6. Sistem Sedang Error

Penyebab app E Coklit tidak bisa dibuka bisa juga dikarenakan adanya error pada sistem atau server. Sehingga kita harus menunggu sampai proses maintenance atau perbaikan dilakukan dan server kembali normal.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips untuk mengatasi aplikasi E Coklit yang tidak bisa digunakan. Cari tahu apa penyebab dan juga solusi terbaik yang bisa kita coba. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *