Cara-Agar-DC-Pinjol-Tidak-Datang-ke-Rumah

Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah Kita

Diposting pada

Bagi kalian yang sering menggunakan jasa pinjaman online atau pinjol, tentu ada rasa khawatir bahwa rumah kita akan didatangi oleh DC (Debt Collector).

Apalagi ketika kita sudah menungggak tagihan selama beberapa bulan, maka beberapa penyedia pinjaman online biasanya akan mengirimkan DC ke rumah nasabah.

Nah apakah ada cara agar DC tidak datang ke rumah kita? Karena pasti mereka akan datang untuk menagih pelunasan hutang yang tak kunjung kita bayar.

Apakah DC Pinjol Akan Datang ke Rumah Kita?

Salah satu hal yang seringkali ditanyakan oleh para pengguna layanan pinjol adalah apakah DC akan selalu datang ke rumah kita jika telat bayar tagihan dan cicilan?

Hal tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing layanan pinjaman online. Dimana ada pinjol yang memiliki DC lapangan untuk dikirimkan ke rumah nasabah yang menunggak.

Namun tentu tidak semua penyedia pinjol memiliki debt collector, beberapa juga tidak akan mengirim DC ke rumah kita karena tidak memilikinya.

Karena memang DC itu akan membutuhkan biaya yang besar mulai dari biaya transportasi hingga gajinya bisa lebih besar daripada jumlah uang yang ditagih.

Dan biasanya sebelum mengirimkan DC ke rumah nasabah, pihak pinjol akan mencoba untuk menghubungi kita terlebih dahulu melalui SMS, telepon, email dan lainnya.

Baca Juga:  Ini Cara Klaim Garansi Xiaomi Saat Produk Anda Bermasalah

Jika memang nasabah tidak memberikan respon dan sulit dihubungi, maka biasanya baru pinjol akan mengirimkan debt collector ke rumah mereka untuk menagih pembayaran.

Cara Agar DC Tidak Datang ke Rumah Kita

Nah daripada semakin was-was dan khawatir bahwa rumah kita akan didatangi oleh DC, maka kalian wajib tahu beberapa tips trik berikut ini.

  • Perhatikan Kondisi Keuangan

Salah satu hal yang seringkali dilupakan oleh para pengguna pinjaman online adalah tidak menghiraukan kondisi keuangan sebelum mengajukan pinjaman.

Karena kita juga perlu mempertimbangkan keuangan kita terlebih dahulu apakah nantinya jika mengambil pinjaman online bisa melunasinya atau tidak.

Apabila jika kondisi keuangan sedang kacau dan dirasa akan kesulitan melunasi tagihan, sebaiknya tidak mengambil pinjol karena akan berisiko mendatangkan DC nantinya.

  • Membayar Tepat Waktu

Penyebab utama dari DC yang datang ke rumah kita tentu saja karena nasabah telat membayar tagihan hutang atau cicilan bulanan.

Sehingga pihak pinjol pun terpaksa mengirimkan debt collector untuk menagih langsung ke rumah nasabah.

Nah untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya kalian selalu usahakan untuk membayar tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo.

Jika sekiranya nanti belum bisa membayar, maka kalian akan dihubungi lewat SMS, telepon atau email.

Sebaiknya jawab panggilan tersebut karena nanti pihak pinjol bisa saja memberikan keringanan dan tidak mengirimkan DC ke rumah.

  • Mencicil Sesuai Kemampuan

Sebenarnya kalian tidak perlu langsung melunasi atau membayar tagihan pinjol apabila memang kondisi keuangan tidak memungkinkan.

Baca Juga:  Cara Login WhatsApp Web Otomatis, Cuma dengan QR Code¬†

Beberapa pinjol masih bisa mentolerir jika memang nasabah belum punya uang untuk membayar semua tagihannya dan hanya mencicil saja.

Sehingga pihak pinjol pun akan tahu bahwa ada iktikad baik dari nasabah untuk melunasi meski tidak secara langsung dan mengurungkan niat menggunakan DC.

  • Meminta Penjadwalan Ulang

Sebenarnya jika sudah mau jatuh tempo dan kalian belum punya uang untuk membayar tagihan, kita masih bisa meminta penjadwalan ulang lho.

Hubungi pihak pinjol dan katakan bahwa kalian meminta penjadwalan ulang pembayaran tagihan.

Dengan begitu kita akan diberi sedikit kelonggaran waktu sampai punya uang untuk membayar cicilannya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika DC Datang ke Rumah?

Lalu bagaimana jika debt collector sudah terlanjur datang ke rumah kita? Apa yang harus kita lakukan?

Tak usah takut dan panik, karena jika kalian menanganinya dengan benar, maka hal tersebut bukanlah masalah yang besar.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan jika DC datang ke rumah yaitu dengan meminta kartu identitas dan sertifikasi profesi DC untuk memastikan kebenaran.

Setelah itu, jika memang kalian belum punya uang untuk membayar tagihan, jelaskan secara baik-baik pada mereka.

Jika beruntung, maka kalian bisa diberi sedikit kelonggaran dan tambahan waktu untuk melunasi tagihannya.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips trik agar DC pinjol tidak datang ke rumah kita. Mulai sekarang kalian tak perlu takut lagi dengan yang namanya DC karena mereka bisa ditangani dengan baik jika tahu caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *