Cara Mengunci Profil Facebook

Cara Mengunci Profil Facebook di Aplikasi dan Website 

Diposting pada

Cara mengunci profil Facebook adalah langkah-langkah untuk menjaga privasi dan keamanan akun pengguna di platform media sosial tersebut. Langkah ini bertujuan membatasi orang-orang yang tidak berteman di Facebook, untuk melihat foto, postingan maupun cerita yang diunggah pemilik akun. Dengan kata lain, fitur kunci profil Facebook ini bisa menjadi lapisan keamanan tambahan untuk privasi pengguna 

Cara Mengunci Profil Facebook: Motif yang Mungkin Juga Anda Pertimbangkan 

Cara Mengunci Profil Facebook

Facebook menyediakan fitur kunci profil ini sebagai upaya perlindungan ekstra bagi para penggunanya. Fitur ini akan memberikan ikon kunci atau gembok pada foto profil dan sampul Facebook sehingga tidakd apat dilihat oleh akun Facebook lain yang belum atai tidak menjadi teman. Artinya, hanya akun yang sudah menjadi teman Anda yang bisa melihat konten pribadi, sementara orang lain hanya bisa melihat informasi dasar akun Anda. 

Setidaknya ada 3 alasan mengapa orang mengaktifkan fitur ini, dan mungkin juga menjadi alasan Anda untuk ikut menggunakannya. Berikut ini motif pengguna Facebook menggunakan fitur pengamanan ini: 

1. Privasi 

Sebagian orang tidak ingin publik mengetahui berbagai info pribadi seperti lokasi, pekerjaan, hubungan atau minatnya. Jelas, karena tidak semua orang, yang kebanyakan tidak dikenal, bisa dipercaya atas informasi sensitif tersebut. Fitur kunci profil akan membatasi siapa saja yang bisa melihat postingan, foto, video maupun story Facebook, agar bisa tetap rahasia.  

Baca Juga:  7 Tips Membeli iPhone Bekas atau Second Agar Aman

2. Keamanan 

Apabila informasi pribadi di atas tidak dirahasiakan, bukan tidak mungkin pemilik akun Facebook bersangkutan menjadi korban kejahatan siber. Tindak seperti peretasan, pencurian identitas hingga penipuan masih terus terjadi, utamanya karena kelalaian pemilik akun itu sendiri. Kunci profil Facebook, setidaknya lebih menyulitkan penjahat, terlebih jika ditingkatkan dengan fitur lain seperti otentikasi dua faktor, peringatan login dan pengaturan kata sandi. 

3. Personalisasi 

Nyatanya, fitur kunci profil ini juga bisa membantu pengguna yang ingin lebih percaya diri dalam melakukan personalisasi terhadap bagaimana akun mereka ditampilkan. Ya, Facebook memang memungkinkan pengguna untuk menambahkan tema, stiker, filter, atau efek khusus ke profil sehingga memberikan kesan atau nuansa yang unik sesuai kepribadian. Nah, apabila pengguna tak ingin semua orang bisa melihat selera atau prefernsi personalisasi ini, bisa memilih mengaktifkan kunci profil. 

Langkah-Langkah Mengunci Profil Facebook

Berikut ini 2 pilihan cara yang bisa Anda pilih untuk mengaktifkan kunci profil akun Facebook beserta penjelasan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Mengunci Profil Facebook di Aplikasi Seluler  

Untuk mengunci profil Facebook Anda di aplikasi Facebook seluler baik versi Reguler maupun Lite, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Facebook (baik Reguler maupun Lite) dan pastikan login ke akun Anda 
  2. Ketuk menu (pojok kanan bawah) 
  3. Scroll ke bawah lalu ketuk Pengaturan & Privasi 
  4. Ketuk Pengaturan  
  5. Scroll lagi ke bawah lalu ketuk Kunci Profil (di bawah Privasi) 
  6. Silakan ketuk Kunci Profil Anda 
  7. Akhiri dengan ketuk Konfirmasi 
  8. Selesai, kini kunci profil telah aktif untuk akun Facebook Anda  
Baca Juga:  Begini Cara Privasi Akun Twitter dan Tips Amankan Akun Anda  

2. Mengunci Profil Facebook di Website 

Untuk mengunci profil Facebook Anda dari website, silakan ikuti langkah berikut: 

  1. Buka website Facebook lalu login ke akun Anda 
  2. Klik menu (pojok kanan atas) 
  3. Silakan pilih Pengaturan & Privasi 
  4. Klik pada Pengaturan lalu scroll ke bawah untuk masuk ke bagian Privasi Profil 
  5. Klik Edit (di sebelah opsi Mengunci Profil Anda) 
  6. Klik Mengunci Profil pada menu pop-up yang muncul 
  7. Selesai, kini kunci profil telah aktif  

Setelah Anda mengaktifkan fitur kunci ofil ini, maka gambar profil akun Anda akan mendapat tanda ikon gembok di atasnya. Dalam kondisi ini, hanya orang yang sudah berteman dengan Anda di Facebook yang dapat melihat konten Anda. Akun lain yang belum berteman, hanya akan melihat foto profil, foto sampul serta beberapa informasi dasar (nama, tempat tinggal, dan pekerjaan jika Anda mengaturnya). 

Mudah Sekali Bukan Cara Mengunci Profil Facebook di Atas? 

Sebagai salah satu fitur yang direkomendasikan, tak salah apabila Facebook memudahkan pengguna umum yang ingin mengaktifkannya. Begitu pula saat pengguna ingin membuka kembali profilnya, menonaktifkan fitur ini bisa dilakukan dengan urutan langkah yang tak jauh berbeda. Tak harus di aplikasnya, prosedur yang sama juga bisa pengguna lakukan dari website Facebook. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *