Cara Mengatasi Baterai iPhone tidak bisa Ngecas Penuh 100%

Cara Mengatasi Baterai iPhone tidak bisa Ngecas Penuh 100%

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa cara mengatasi baterai iPhone tidak bisa ngecas penuh 100%.

Bagi kamu yang memiliki hp iPhone 11 Pro, lalu melihat sesuatu yang aneh selama gelombang panas California Selatan musim panas dan baterai terus tidak mengisi daya melebihi 80%.

Faktanya, kamu harus memperhatikan bahwa itu akan mencapai 80% yang tampak seperti satu jam, dengan sedikit perubahan pada waktu itu — kadang-kadang akan mencapai 83%, tetapi tidak lebih dari itu.

Mengapa iPhone kamu tidak Mengisi Daya Melewati Ambang Batas 80%?

Jika iPhone kamu tidak mengisi daya hingga 100%, kamu mungkin memperhatikan bahwa itu tetap pada ambang 80% atau sesuatu yang mendekati itu. 

Oleh karena itu, Apple memperkenalkan fitur baru di iOS 13 yang disebut “Pengisian Baterai yang Di optimalkan.” 

Dengan Pengisian Baterai yang Di optimalkan, perangkat menggunakan pembelajaran mesin untuk mempelajari pola penggunaan harian dan rutinitas pengisian daya, sehingga membatasi pengisian daya hingga 80%.

Percaya atau tidak, hp kamu selalu dalam kondisi 100% benar-benar menghabiskan baterai lebih cepat — level optimalnya adalah antara 30-80%, karena level ini memaksimalkan baterai, terutama Lithium-Ion, yang ada di dalam perangkat Apple.

Jadi meskipun ini mungkin merupakan fitur yang mengganggu, Pengisian Baterai yang Di optimalkan seharusnya membantu kamu dalam jangka panjang. 

Ini memperpanjang masa pakai baterai iPhone dan iPad dan membantu mencegah kamu dari kehabisan baterai terlalu cepat.

Kamu mungkin menemukan baterai iPhone yang tidak terisi hingga 100% karena suhu baterai. 

Saat kamu menggunakan iPhone atau iPad kamu secara berlebihan, ini dapat menghasilkan banyak panas, yang merusak kesehatan baterai. 

Panas yang di hasilkan perangkat kamu saat mengisi daya pada dasarnya memberikan tekanan ekstra pada baterai, sehingga mengurangi masa pakainya. 

Sekali lagi, Pengisian Baterai yang Di optimalkan dan iOS dapat membatasi pengisian melebihi 80% jika suhu baterai melebihi batas yang di sarankan Apple.

Jika kamu pernah mengalami baterai iPhone milik kamu tidak terisi hingga 100%, berikut adalah beberapa hal untuk dicoba dan mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga >  5 Cara Install Aplikasi Android di iPhone Paling Mudah

Cara Mengatasi Baterai iPhone tidak bisa Ngecas Penuh 100%

Cara Mengatasi Baterai iPhone tidak bisa Ngecas Penuh 100%

1. Matikan pengisian batrai yang di optimalkan

Meskipun fitur Pengisian Baterai yang Di optimalkan seharusnya membantu kamu untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Mungkin kamu ingin mematikannya untuk melihat apakah perangkat kamu dapat terisi penuh hingga 100%. Atau mungkin kamu tidak menyukai fitur tersebut. 

Luncurkan Pengaturan atau setting di iPhone atau iPad kamu dan Gulir ke bawah dan ketuk Baterai atau Battery. Ketuk  Battery Healty, Ketuk sakelar untuk Pengisian Baterai yang Di optimalkan ke OFF (abu-abu).

Kemudian kamu akan mendapatkan dua opsi saat menonaktifkan Pengisian Baterai yang Di optimalkan: Matikan Hingga Besok atau Matikan (secara permanen). Pilih mana yang kamu sukai.

Untuk mengaktifkan kembali Pengisian Baterai yang Dioptimalkan, ulangi langkah di atas, kecuali sakelar harus berwarna hijau, bukan abu-abu.

2. Isi data di lokasi yang lebih sejuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suhu baterai dapat memengaruhinya, sehingga iPhone atau iPad kamu mungkin tidak dapat mengisi daya hingga 100% dan macet di sekitar ambang batas 80%. 

Untuk memperbaikinya, kamu harus mencoba memindahkan iPhone atau iPad kamu ke lokasi yang lebih dingin, yang akan lebih kondusif. 

Hindari hal-hal seperti sinar matahari langsung, ruangan dengan ventilasi yang buruk, peralatan lain, dan elektronik, atau perangkat lain yang dapat menghasilkan panas, jika kamu bisa. 

Jika lingkungan masih terlalu panas, kamu harus mencoba mendinginkannya dengan kipas angin atau AC sebelum mencoba mengisi daya.

3. Lepaskan cassing hp kamu

Coba lepaskan casing kamu. Dengan cara ini, panas yang dihasilkan dari perangkat dapat menghilang ke udara, mendinginkan baterai.

Kam juga dapat mengawasi kasing yang dirancang untuk membantu menghilangkan panas, seperti jajaran kasing Razer Arctech.

4. Tutuplah aplikasi yang menguras batrai

Jika beberapa aplikasi intensif sumber daya berjalan di latar belakang, ini dapat menyebabkan hp kamu menjadi panas. 

Ini akan membantu untuk memaksa keluar dari aplikasi yang menggunakan masa pakai baterai yang signifikan untuk mencegah pengurasan baterai lebih lanjut serta mengurangi ketegangan pada perangkat, memungkinkan suhu baterai turun sedikit.

5. Gunakan aksesori pengisian daya OEM

Terkadang masalahnya bisa karena kamu menggunakan aksesori pengisian daya palsu atau tidak resmi yang tidak memiliki sertifikasi Made for iPhone (MFi) yang sesuai dari Apple

Jika kamu telah kehabisan semua opsi lain yang telah kami sebutkan, coba dapatkan salah satu kabel Lightning pengganti terbaik , sebaiknya dari Apple jika kamu bisa.

Akhir Kata

Demikiam penjelasan mengenai cara mengatasi baterai iPhone tidak bisa ngecas penuh 100%. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.