Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Diposting pada

Membahas mengenai Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname, banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti faktor yang mempengaruhi pertumbuhan udang vaname. Mulai dari kualitas air, keseimbangan ph tambak, salinitas, kualitas benur, kualitas pakan, program feeding dan sistem budidaya yang digunakan.

Faktor Penentu Pertumbuhan Udang Vaname

Kualitas Air

Kualitas Air Sangat Berpengaruh Pada Pertumbuhan Udang Vaname. Coba lakukan pengukuran parameter kualitas air tambak satu minggu sekali pada waktu pagi hari.

Kualitas perairan tambak sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan udang vaname. Baik bobot, panjang, dan kelulushidupan serta menentukan tinggi rendahnya persentase kehidupan. Kualitas air yang baik akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan udang vaname secara optimal. Oleh karena itu, kualitas air perlu pemeriksaan dengan seksama dan teratur.

Sedangkan menurut Rusmiyati, oksigen yang terlarut dalam perairan tambak sangat dibutuhkan untuk proses respirasi. Baik oleh tumbuhan air, hewan seperti udang maupun organisme lain yang hidup pada perairan. Kadar oksigen terlarut pada air tambak yang baik berkisar 4 – 6 ppm.

Keseimbangan PH

Menurut Rusmiyati, suhu dapat mempengaruhi kondisi udang dan air tambak, terutama pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang (survival rate). Suhu yang baik dan optimal untuk budidaya udang yaitu berkisar 28-30 oC.

Dalam keadaan suhu tinggi akan terjadi reaksi kimia seperti pH cenderung akan meningkat sehingga cenderung terjadi peningkat NH3 dalam air tambak (Suryanto, 2003). Sedangkan menurut Haliman dan Adijaya (2005), menyatakan pH merupakan parameter air untuk mengetahui derajat keasaman. Air pada media tambak udang harus memiliki pH antara 7.5 sampai 8.5.

Salinitas Pada Udang

Berapa Salinitas Yang Cocok Untuk Udang Vaname?

Udang vaname bersifat euryhalin yaitu dapat bertahan dalam salinitas yang luas sehingga dapat dipelihara pada daerah pantai yang salinitasnya 15 – 40 ppt (Bray etal, 1994). Udang vaname dapat berkembang dan tumbuh dengan baik pada salinitas 15-25 ppt, bahkan masih layak untuk pertumbuhan pada salinitas bawah 5 ppt.

Salinitas tambak merupakan salah satu aspek penentuan kualitas air yang memegang peran penting karena sangat mempengaruhi pertumbuhan udang vaname. Udang yang dalam masa pertumbuhan awal yang berumur 1 – 2 bulan memerlukan kadar garam atau salinitas sekitar 15 – 25 ppt agar pertumbuhannya dapat optimal.

Pada pencapaian umur lebih dari 2 bulan, pertumbuhan udang relatif baik dan stabil pada salinitas antara 5 – 30 ppt. Menurut Rusmiyati, salinitas merupakan salah satu aspek penentu dari kualitas air yang memegang peranan penting dalam budidaya. Karena sangat mempengaruhi pertumbuhan udang. Udang muda yang berumur 1-2 bulan memerlukan kadar garam 15-25 ppt agar pertumbuhan dapat optimal.

Kualitas Benur

Benur merupakan salah satu faktor penting dalam penentu keberhasilan dalam budidaya udang vaname. Jika ada hal yang mendorong keberhasilan dalam budidaya sampai 100%, maka benur memiliki peranan sebanyak 50% atau separuhnya. Sehingga sangatlah penting jika kita bisa mengetahui ciri-ciri benur yang memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga >  Menteri KKP akan permudah perizinan bidang perikanan

Kualitas benur yang baik akan memberikan pertumbuhan yang lebih baik dan panen lebih cepat, selain itu juga pemilihan benur berkualitas dapat mengurangi resiko penyakit udang dan kegagalan budidaya. Ciri benur yang memiliki kualitas yang baik dapat diamati serta diuji baik secara visual, mikroskopis, mikrobiologis hingga tes PCR.

Kualitas Pakan

Pakan atau makanan udang vaname adalah merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan kehidupan udang vaname. Kandungan zat yang terpenting dalam pakan adalah besarnya kandungan protein. Pakan berkualitas merupakan pakan yang kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitaminnya seimbang .Kualitas pakan dapat menentukan kualitas hasil serta pertumbuhan udang vaname dalam budidaya.

Program Feeding

Taufik Noer yang seorang teknisi tambak yang sudah sangat berpengalaman. Ia menerangkan lebih detail bahwa, hal penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan program pertumbuhan cepat adalah manajamen pakan yang baik. Menurutnya taufik, agar dapat mempercepat pertumbuhan udang vaname, mau tidak mau pakan yang tersedia harus banyak dan cukup. Baik pakan yang difermentasi atau pun pakan yang tidak difermentasi.

Tapi harus tergarisbawahi bahwa banyaknya pakan maksudnya berbeda over feeding (kelebihan pakan), melainkan tepat guna dan tepat sasaran.

Over feeding itu bukan soal banyak sedikitnya pakan yang terpakai. Melainkan banyaknya pakan yang terbuang secara percuma. Kalau banyak yang terpakai tapi tidak banyak terbuang itu bukanlah suatu over feeding. Begitupun jika sedikit yang terpakai tapi banyak yang terbuang itu over feeding.

Lebih jelas lagi taufik menyampaikan bagaimana teknis untuk menghasilkan udang ukuran besar dalam waktu yang relatif lebih cepat dan singkat dan berkualitas. Pada masa awal memulai budidaya, Taufik sama dengan kebanyak petambak lainnya menggunakan program blind feeding selama kurang lebih 20 hari.

Namun pada saat ini, tidak hanya mengandalkan pakan pabrik saja. Tetapi juga mengandalkan pakan alami yang sudah tumbuh terlebih dulu melalui proses fermentasi sebelum penebaran udang. Sehingga ia menekankan, pakan alami harus tumbuh dengan matang sebelum benur udang turun ke tambak.

Sistem Budidaya Udang Vaname

Secara umum, sistem budidaya tradisional masih mendominasi tambak-tambak masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Padahal, sistem intensif menjanjikan hasil produksi dan keuntungan yang lebih besar dan lebih cepat. Nnamun kebanyakan petambak masih banyak yang memilih untuk bertahan pada sistem budidaya tradisional.

Dalam budidaya tradisional, pertumbuhan udang vaname tergantung pada alam. Jadi pertumbuhan udang vaname lebih mengedepankan faktor kondisi tanah dan kandungan plantonk alami tambak. Hal ini menjadi kuarng bagus peryumbuhannya jika kondisi tanah atau air kurang subur.

Sedangkan pada sistem budidaya intensif, pertumbuhan udang vaname bisa lebuh terkontrol. Karena harus ada rutinitas pemberian pakan dan fermentasi bakteri baik untuk kandungan air pada tambak udang vaname. Sehingga otomatis pertumbuhan udang akan menjadi lebih cepat

Kesimpulan Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Dengan memperhatikan faktor yang menjadi penentu pertumbuhan udang vaname yang baik tersebut. Maka harapan percepatan pertumbuhan udang vaname optimis bisa tercapai dengan mudah.

One thought on “Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Tinggalkan Balasan