Cara Melihat Alamat Email Sendiri

Ini 4 Pilihan Cara Melihat Alamat Email Sendiri 

Diposting pada

Cara melihat alamat email sendiri adalah langkah untuk mengetahui atau memastikan alamat email yang tepat demi menghindari kesalahan input. Harus diakui bahwa saat ini surat elektronik (surel) atau yang belakangan lebih dikenal sebagai electronic mail (e-mail/ email) semakin penting dan masif digunakan. Tak mengherankan seseorang bisa memiliki banyak alamat email hingga lupa penulisannya yang tepat. 

Cara Melihat Alamat Email Sendiri: Sekilas tentang Email  

Cara Melihat Alamat Email Sendiri

Email sendiri adalah alamat elektronik, yang kemudian dipakai berkomunikasi bersama orang lain lewat internet. Alamat ini umumnya terdiri atas nama pengguna, dikuti penanda simbol @ lalu nama domain. Misalnya pada alamat email [email protected], maka domi adalah nama pengguna, simbol @ yang bisa diartikan di-, sementara mail.com menjadi nama domain.  

Saat ini, email menajdi salah satu alat komunikasi populer dan dapat dipakai untuk berbagai keperluan, mulai dari komunikasi biasa, berbagi file, melakukan transaksi, promosi, mendapat informasi terbaru, mengunduh materi belajar bahkan untuk produktifitas lain seperti membuat jadwal, agenda, tugas hingga menyimpan catatan. Hal ini ditunjang dengan semakin banyaknya penyedia layanan email yang bisa dipilih pengguna. Para penyedia layanan pun berlomba untuk menyediakan fungsi dan fitur yang dibutuhkan pengguna. 

Perlu Anda ketahui pula bahwa, penyedia layanan email ini bukan hanya Gmail saja, sudah banyak layanan sejenis. Salah satu yang masih Anda ingat misalnya Yahoo. Selain kedua penyedia layanan email tersebut, masih ada beberapa layanan lain seperti iCloud Mail (Apple), Outlook (Microsoft), Zoho Mail, ProtonMail dan GMX yang juga memiliki basis pengguna lumayan banyak dan tak menutup kemungkinan Anda lupa manakah email yang digunakan untuk keperluan tertentu. 

Baca Juga:  4 Rekomendasi Game PC Terbaik 2023 untuk Anda Coba Sekarang 

Pilihan Cara Mengetahui Alamat Email Sendiri 

Nah, untuk mengetahui email sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan menyesuaikan metode yang diterapkan penyedia layanan. Berikut penjelasan pilihan cara cek email sendiri beserta beberapa contoh yang bisa Anda jadikan referensi: 

1. Lihat Email Sendiri di Aplikasi Email 

Besar kemungkinan Anda menginstal aplikasi email di perangkat, baik PC maupun HP. Silakan buka aplikasi email yang Anda pergunakan. Umumnya, Anda bisa langsung melihat alamat email di bagian atas layar, atau bagian bawah tampilan. Apabila Anda memiliki beberapa email di penyedia yang sama, silakan pilih salah satu untuk mengetahi detail alamat email tersebut.  

2. Lihat Email Sendiri di Website Penyedia Layanan 

Bila Anda tak menginstal aplikasi, opsi lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengunjungi website penyedia layanan email Anda yang sebelumnya pasti pernah Anda kunjungi dan tersimpan informasi loginnya. Silakan buka browser di perangkat kemudian kunjungi website penyedia layanan seperti Gmail, Yahoo, Outlook atau lainnya. Biasanya, detail alamat email Anda bisa langsung terlihat di kanan atas tampilan.  

Berikut beberapa contoh di penyedia layanan email populer: 

Baca Juga:  Cara Cek Nomor By U Yang Ternyata Mudah Banget

Gmail 

  1. Masuk ke aplikasi atau website Gmail  
  2. Setelah berhasil masuk, klik ikon lingkaran (pojok kanan atas) 
  3. Anda akan melihat menu yang muncul berisi detail alamat email yang Anda gunakan 

Yahoo 

  1. Buka aplikasi atau website Yahoo  
  2. Setelah berhasil masuk, klik menu Hamburger (tiga garis di kanan atas) 
  3. Anda akan melihat menu yang muncul menampilkan detail alamat email yang Anda gunakan 

ICloud Mail 

  1. Buka browser yang Anda gunakan untuk log in iCloud sebelumnya 
  2. Kunjungi iCloud ID  
  3. Setelah berhasil masuk, klik nama Anda yang akan menampilkan menu berisi data Apple ID Anda 

3. Lihat Email Sendiri dengan Mengirim Email 

Anda juga bisa mencoba dengan mengirimkan sebuah email ke alamat email lain yang Anda kenal. Setelah mengirim email, maka alamat email Anda bisa dilihat di kotak masuk alamat email penerima. Cara ini memungkinkan Anda untuk melihat alamat email sendiri secara lengkap atau kadang sebagian saja. 

4. Lihat Email Sendiri di Daftar Kontak Email Orang Lain 

Anda bisa meminta orang yang pernah menerima email dari Anda atau yang menyimpan alamat email Anda di kontak mereka. Silakan minta mereka untuk mengirim alamat email Anda, bisa melalui pesan, chat atau mengirimkannya dari email pula. 

Akhir Kata 

Demikian tadi pilihan cara melihat alamat email sendiri yang bisa Anda pilih sesuai situasi. Agar tak lupa lagi di kemudian hari, tak ada salahnya Anda menyimpan daftar alamat email di catatan yang mudah Anda akses dan terjamin keamanannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *