Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot

3 Jenis Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot dan Tips Mengatasinya 

Diposting pada

Aplikasi yang bikin smartphone lemot adalah jenis aplikasi tertentu yang cenderung membutuhkan sumberdaya lebih banyak dibanding aplikasi lain. Anda sebagai pengguna mungkin merasa belakangan smartphone tak lagi gegas dan baterainya lebih cepat habis. Tak selalu faktor usia smartphone, ternyata aplikasi juga bisa jadi penyebabnya. 

Apa Saja Jenis Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot? 

Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot

Sebelum membahas jenis-jenis aplikasi yang paling sering membuat smartphone melambat, ada baiknya bila Anda memahami mekanismenya. Ada beberapa situasi yang membuat aplikasi, meskipun tak pernah Anda buka, bisa memperlambat kinerja ponsel. Hal ini akan lebih cepat terasa bagi pengguna yang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang terbatas. 

Faktor Penyebab Smartphone Melambat karena Aplikasi 

Ada beberapa faktor atau kondisi yang kemudian menyebabkan aplikasi membuat kinerja smartphone jadi berat dan baterai lebih cepat terkuras, antara lain: 

1. Terlalu Banyak Aplikasi  

Meski tak pernah pengguna gunakan, aplikasi-aplikasi yang terinstal tetap membutuhkan ruang di memori internal dan bisa saja semakin besar ukurannya seiring waktu. Biasanya aplikasi ini adalah aplikasi bawaan pabrik, bawaan Google yang kurang sesuai dengan preferensi pengguna, namun tak bisa dihapus. Saat ruang penyimpanan menipis, dampak dari situasi ini akan semakin terasa.   

2. Terlalu Banyak menjalankan Aplikasi Sekaligus 

Memang, pengguna mungkin hanya berinteraksi dengan 2 atau 3 aplikasi sekaligus di layar. Namun di balik itu, pengguna juga sering lupa menutup aplikasi lain yang mereka gunakan sebelumnya. Aplikasi seperti sosial media, email, browser atau pemutar musik ini bisa terus berjalan di latar belakang, mengirim dan menerima data terus-menerus yang pastinya bisa jadi beban tambahan untuk  smartphone. 

Baca Juga:  Cara Membuat Link WA Secara Manual dan Otomatis

3. Aplikasi Lawas yang Tak Pernah Diperbarui 

Ada kalanya pengguna sudah merasa cocok dengan sebuah aplikasi dan enggan beralih ke aplikasi sejenis lainnya. Sayangnya, aplikasi pilihan tersebut bisa saja tak pernah diperbarui lagi oleh pengembangnya sehingga tak lagi sesuai dengan ancaman dan kebutuhan terkini. Hal ini membuat aplikasi tidak dapat berjalan secara efektif sehingga membuatnya terasa lambat. 

4. Aplikasi yang Tak Sesuai Spesifikasi  

Pada kasus tertentu, utamanya pengguna yang bisa menginstal aplikasi dari luar platform resmi, memaksakan smartphone mereka. Dalam hal ini, pengguna bisa saja menginstal aplikasi yang membutuhkan spesifikasi minimal tertentu agar dapat berjalan lancar. Nah, smartphone yang memiliki spesifikasi di bawah kriteria minimal, tentu saja akan tersiksa bila terus dipaksa menjalankan aplikasi tersebut.  

Jenis Aplikasi yang Umumnya Membuat Smartphone Melambat 

Berikut ini beberapa jenis aplikasi yang sering menyebabkan smartphone menjadi lambat: 

1. Aplikasi Sosial Media 

Aplikasi seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya biasanya membutuhkan banyak data dan memori untuk terus menampilkan berbagai konten. Selain itu, konten juga terus diperbarui sehingga aplikasi harus terus berjalan di latar belakang dan mengirim notifikasi. Semua tugas tersebut pastinya membutuhkan banyak sumberdaya prosesor dan baterai. 

2. Game Berkualitas Tinggi 

Aplikasi permainan seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends dan lainnya bisa saja memiliki mekanisme kerja seperti aplikasi media sosial di atas. Belum lagi, game juga perlu menyimpan data yang berukuran besar di memori. Saat ponsel sudah kehabisan ruang penyimpanan, maka kinerja berbagai aplikasi lain yang memerlukan sisa ruang pastinya akan terganggu sehingga terkesan lemot. 

Baca Juga:  Cara Membatalkan Pesanan Gojek dan Solusi Tidak Bisa Cancel

3. Aplikasi Pembersih 

Aplikasi utilitas seperti halnya Clean Master, CCleaner, DU Speed Booster dan sebagainya ini memang memudahkan pengguna dalam membersihkan sampah seperti file iklan, catatan sistem atau lainnya. Apabila pengguna tidak menerapkan aturan khusus pada aplikasi semacam ini, bisa saja membuat smartphone terasa lemot. Ini karena smartphone terus membuat file baru untuk aplikasi yang sering diakses pengguna ketimbang mengakses cache yang sudah ada.  

Tips Mengatasi Aplikasi Penyebab Smartphone Lemot 

Nah, apabila Anda ingin menghindari smartphone melambat karena aplikasi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sebagai berikut: 

  • Hanya instal aplikasi yang Anda butuhkan, atau segera hapus setelah mencoba dan dirasa tidak cocok 
  • Hapus atau nonaktifkan aplikasi yang tak pernah Anda gunakan atau yang jarang-jarang Anda gunakan  
  • Hapus cache dan data aplikasi secara berkala, terutama cache untuk aplikasi yang intens penggunaannya 
  • Nonaktifkan notifikasi dan sinkronisasi untuk aplikasi yang tidak Anda perlukan 
  • Matikan koneksi internet (data seluler dan WiFi) jika Anda tidak membutuhkan  
  • Cek pembaruan sistem operasi dan aplikasi secara rutin dari sumber terpercaya (PlayStore atau AppStore)
  • Pertimbangkan penggunaan antivirus atau aplikasi keamanan apabila perangkat Anda rentan serangan 

Akhir Kata 

Itulah tadi penjelasan tentang aplikasi yang bikin smartphone lemot dan kiat-kiat yang bisa coba Anda terapkan untuk menghindari masalah tersebut di kemudian hari. Meskipun smartphone adalah perangkat canggih yang juga disebut sebagai superkomputer, Anda tetap harus memperlakukan alat tersebut dengan bijak. Tujuaannya agar Anda bisa mendapatkan manfaat optimal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *