air yang bagus untuk udang vaname

Air Yang Bagus Untuk Udang Vaname

Diposting pada

Kualitas air merupakan kunci dalam budidaya udang vaname. Pentingnya keseimbangan kandungan mikroorganisme plankton dan kandungan amoniak, salinitas , nitrit, nitrat serta pH yang harus terjaga. Dengan demikian untuk mendapatkan air yang bagus untuk udang vaname, sangat lah mudah

Lingkungan perairan adalah ibarat rumah bagi udang yang harus kita jaga agar udang dapat hidup dengan nyaman sehingga udang bisa tumbuh dengan normal. Dan untuk menciptakan kondisi lingkungan tersebut banyak hal yang harus kita perhatikan untuk menjaga kualitas air. Bagaimana kriteria air yang bagus untuk udang vaname?

Kriteria Air Yang Bagus Untuk Udang Vaname

Berdasarkan hasil penelitian pada tambak PT. Indokur oleh universitas Diponegoro, untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kualitas air terhadap laju pertumbuhan dan tingkat kelulushidupan udang vaname. Kualitas air yang bagus memiliki kriteria sebagai berikut :

Kadar PH Air Tambak

Kandungan nilai pH pada budidaya intensif berkisar antara 6,47 – 7,65. Sedangkan pada budidaya semi intensif  nilai pHnya adalah berkisar antara 5,63 – 6,64.

Suhu Air

Pada budidaya intensif nilai suhu berkisar antara 24 0C − 29 0C. Sedangkan dalam budidaya semi intensif nilai suhu yang bagus untuk udang vaname adalah berkisar antara 26 0C − 29 0C.

Baca Juga >  Takalar Jadi Pusat Percontohan Budidaya Udang Vaname

Salinitas

Nilai salinitas yang baik untuk budidaya intensif adalah berkisar 15 − 19 ppt. Sedangkan pada budidaya semi intensif adalah pada kisaran 16 – 19 ppt.

Kadar Oksigen

Hasil melalui penelitian pengukuran kualitas air pada budidaya intensif adalah kadar oksigen terlarut berkisar antara 3,9 – 7,8 mg/l. Kadar karbondioksida bebas berkisar antara 2,6 − 5,1 mg/l.
Sedangkan pada budidaya semi intensif di peroleh kadar oksigen terlarut berkisar antara 1,8 – 3,5 mg/l. Dan kadar karbondioksida bebas berkisar antara 4,9 – 6,6 mg/l.

Kecerahan Air

Kualitas air dalam budidaya intensif nilai kecerahan berkisar antara 20 − 39 cm. Sedangkan dalam budidaya semi intensif memiliki nilai kecerahan berkisar antara 15 − 39 cm.

Laju Pertumbuhan (ABW) dan Kelulus Hidupan (SR)

Kemudian dalam budidaya intensif kesimpulan rata-rata nilai laju pertumbuhan udang adalah 0,24 gram/hari dan tingkat kelulushidupan sebesar 84 %. – 86,64. Dan rata-rata nilai laju pertumbuhan udang dalam budidaya semi intensif adalah 0,18 gram/hari dan tingkat kelulushidupan sebesar 75 %.

Sumber Penelitian :

Pengaruh Pengelolaan Kualitas Air Terhadap Tingkat Kelulushidupan Dan Laju Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di PT. Indokor Bangun Desa, YOGYAKARTA
Muhammad Faiz Fuady, Haeruddin Haeruddin, Mustofa Nitisupardjo

Tinggalkan Balasan