Cara Cek Status E-KTP Online

Info seputar Cara Terbaru 2017 kali ini berisi informasi Cara Cek Status E-KTP Online. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek Indonesia caracek.net.

Cara Cek Status E-KTP – Memiliki tanda pengenal kependudukan merupakan keharusan untuk mengetahui identitas diri seseorang. Akan tetapi masih banyak sebagian orang belum mengetahui bahwa ktp yang mereka miliki benar-benar asli atau palsu. Dengan mengetahui cek status ktp online bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui apakah data kependudukan seseorang telah terdaftar dalam pusat data kependudukan nasional dengan benar. Jenis ktp elektronik ini merupakan kartu kependudukan dengan didukung oleh sistem informasi yang lebih akurat, aman, tertib administrasi karena sudah terintegrasi langsung dengan database kependudukan di kementerian dalam negeri pusat. Disitu setiap penduduk tidak akan memiliki ktp ganda dan rangkap banyak, walaupun orang tersebut pindah-pindah ketempat yang baru maka nomor induk kependudukanya tetap sama dan jumlahnya hanya satu saja.

Cara Cek Status E-KTP Online

Cara Cek E-KTP Online (rakyatsultra.co.id)

Sistem ini sendiri dibuat oleh pemerintah untuk mengurangi kemungkinan seseorang mempunyai lebih dari satu ktp. Pemerintah sendiri sudah menggagas bahwa nomor induk yang ada pada e-ktp rencananya juga akan di integrasikan untuk keperluan lain seperti pembuatan SIM, Paspor, maupun identitas yang lainnya. Saat ini sendiri daftar pemilik e-ktp sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, karena pemerintah telah memberikan kemudahanya dengan mengadakan proses pembuatan secara masal sekitar tahun 2013 silam. Namun hal tersebut masih meninggalkan pertanyakan seputar nomor induk kependudukan yang digunakan sudah ada dalam database kependudukan pusat atau belum. Nah bagi yang merasa masih bingung atau ingin mengetahui info seputar cara cek status e-ktp, berikut kami telah menyediakan beberapa tahapan yang bisa dilihat berikut ini.

Kunjungi Situs Pemerintah

Pada era modern ini, untuk mengetahui status e-ktp bisa dilakukan secara online yaitu dengan mengakses website pemerintah daerah atau dinas terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kota/kabupaten atau bisa juga klik disini. Sebagai contohnya jika anda termasuk warga depok, maka bisa juga membuka website resminya disini. Melalui website ini akan dijelaskan status kependudukan apakah sudah jadi apa belum bagi yang saat ini sebagai penduduk kota Depok. Selain itu, mereka juga dapat mengeceknya dengan mengirimkan SMS dengan format NIK#nomor NIK lalu tinggal kirim ke nomer 0821-1101- 4433. Selanjutnya  akan mendapatkan balasan SMS informasi kependudukan sebagai berikut :

  • Tidak ada status = Itu artinya biodata yang dimiliki sudah terdaftar di database SIAK Disdukcapil namun tidak menjalankan perekaman data KTP Elektronik.
  • Terimakasih telah merekam e-KTP = Sudah melakukan perekaman data e-KTP.
  • Data teridentifikasi ganda= Biodata yang dimiliki telah terekam ganda oleh data e-KTP dengan Nomor Induk Kependudukan berbeda.
  • Siap cetak = Itu berarti data hasil perekaman e-KTP akan dicetak sesudah selesai menjalani tahap ajudicated.
  • Sudah dicetak = Artiannya e-KTP sudah diprint.
Baca  Cara Cek Gula Darah Terbaru 2017

Selain kota Depok tentunya masih banyak lagi kota diseluruh Indonesia ini yang memberikan kemudahan untuk mengecek status e-ktp online seperti di jakarta, batam, bandung, surabaya dan lain sebagainya. Perlu kami sampaikan juga bahwa bagi yang ingin melakukan pengecekan, pemerintah tidak menyediakan situs khusus untuk mengakses e-KTP secara online. Cara cek e-KTP online tidak mudah untuk diakses masyarakat secara langsung. Hanya instansi yang berwenang saja yang dapat melakukannya. Mungkin pemerintah sendiri menganggap bahwa semua dokumen data diri masyarakatnya sangatlah penting untuk dilindungi, namun semuanya juga masih membutuhkan proses untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Source:

cara mencari data seseorang lewat e-ktp, cara mengecek e ktp sudah jadi belum, e ktp belum jadi, cara cek e ktp sudah jadi atau belum, cek resi ktp, kapan e ktp jadi, mencari alamat seseorang catatan sipil, cek e ktp sudah jadi atau belum, cek resi e ktp, sudah rekam e ktp tapi belum jadi