Cara Cek NISN SD, SMP dan SMA

Info seputar Cara Terbaru 2017 kali ini berisi informasi Cara Cek NISN SD, SMP dan SMA. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek Indonesia caracek.net.

Cara Melihat Data NISN – Jika saat ini tengah menghadapi UN, mungkin sudah cukup banyak persiapan yang dilakukan oleh semua siswa yang mau ujian nasional. Salah satu syarat yang mesti dilakukan ketika mau menjelang ujian adalah semua siswa harus memiliki NISN. Nomor tersebut telah dikeluarkan dari kebijakan menteri pendidikan nasional sehingga wajib dimiliki oleh para murid yang telah didaftarkan untuk mengikuti ulangan dari negara. Nomor induk siswa nasional digunakan sebagai indentifikasi siswa atau bisa dikatakan sebagai tanda pengenal yang sifatnya unik bahwa siswa yang bersangkutan sudah terdaftar secara nasional oleh kementrian pendidikan indonesia, dimana NISN ini merupakan bentuk manajemen nomor induk siswa nasional yang ditangani oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Nasional. Namun sekarang ini nyatanya banyak juga siswa-siswi yang tidak begitu paham akan NISN yang sudah dimiliki sehingga banyak juga siswa tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang belum tahu NISN nya, padahal NISN siswa untuk sekarang ini sangat diperlukan untuk pendataan di dinas pendidikan.

Cara Cek NISN

Cara Melihat NISN (kemdikbud.go.id)

Biasanya nomor induk negara setiap siswa ini telah dimiliki oleh siswa yang masih duduk dibangku SD. Hingga sampai tamat SMA sederajat pun nomor tersebut tidak akan pernah berubah. Secara rasional nomor yang berjumlah 10 digit ini tidak akan sama dengan nomor siswa diseluruh Indonesia. Jadi tidak akan ada nomor tertukar dengan yang lainya. Namun, jika telah menghilangkan atau lupa NISN, maka para siswa bisa mencarinya secara online. Dengan cara melihat NISN akan mengetahui nomor yang akan di cari sesuai dengan nama sekolah beserta nama identitas yang telah didaftarkan sebelumnya. Nah, untuk itu kami disini juga telah menyiapkan beberapa cara melihat NISN yang telah kami paparkan dibawah ini.

Baca  Cara Cek Status E-KTP Online

Mengecek melalui via internet

Untuk melakukan pengecekan nomer induk siswa secara nasional, saat ini bisa dilakukan secara online. Hal ini diklaim akan membantu para siswa untuk menemukan NISN secara cepat. Jika ingin mengetahui cara cek NISN via online bisa dilihat berikut ini.

  • Kunjungi website resminya disini
  • Kemudia gunakan tab menu “Pencarian Berdasarkan Nama”
  • Setelah itu pilih dari salah satu pilihan yang disediakan tersebut maka isikan nama lengkap, tempat lahir dan tanggal lahir kamu secara benar.
  • Berikutnya, jika nomer induk telah terdaftar,  maka dapat melihar rincian data yang sudah didaftarkan ke NISN tersebut
  • Bila belum terdaftar silahkan hubungi kontak halaman web tersebut untuk mendapatkan NISN.

Setelah melihat cara cek NISN diatas, anda bisa melakukan pengecekan sekarang juga. Namun jika tidak ada koneksi internet untuk mengaksesnya, anda bisa menanyakan langsung kepada pihak sekolahan yang mempunyai data lengkap identitas para siswanya. Selain itu kami harapkan, setelah mendapatkan NISN maka bisa langsung menyimpanya agar tidak bingung jika sewaktu-waktu dibutuhkan segera.

Source:

nomor induk apa sampai sd hingga sma sama