Cara Cek Aki Kering

Info seputar Cara Terbaru 2017 kali ini berisi informasi Cara Cek Aki Kering. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek Indonesia caracek.net.

Cara Cek Kondisi Aki Kering Rusak – Kendaraan dapat berjalan karena adanya tenaga yang dihasilkan dari beberapa proses pengolahaan dalam mesin beserta komponen didalamnya. Mulai dari Fuel Pump kemudian di proses di dalam karburator atau fuel injection dengan oksigen. Selanjutnya dialirkan menuju ruang bakar untuk melakukan proses kompresi atau pembakaran bahan bakar, sehingga dapat menimbulkan tenaga yang besar untuk menggerakkan kendaraan. Terlepas dari beberapa proses yang sudah kami jelaskan diawal tadi, semua sistem kelistrikan yang ditanamkan pada setiap kendaraan adalah hal yang sangat vital. Seperti ketika ingin menghidupkan stater, lampu penerang, lampu riting dan lain sebagainya. Komponen pemberi atau penyuplai aliran listrik untuk semua komponen tersebut adalah “Accu” atau biasa banyak orang sebut aki. Accu sendiri memiliki 2 macam jenis yaitu aki kering dan basah, yang mana kedua jenis aki tersebut memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini caracek akan mencoba mengulas cara cek aki kering.

Cara Cek Aki Kering

Cek Aki Kering (olx)

Seperti yang sudah diketahui bersama saat ini teknologi sudah semakin maju dan banyak sekali teknologi terbaru yang dikeluarkan. Seperti halnya aki jenis kering dipilih hampir semua pabrikan otomotif di dunia untuk dipadukan pada kendaraan motor pabrikan mereka. Seperti teknologi terbaru Fuel Injection atau sering disebut motor tanpa karburator ini membutuhkan aliran listrik yang kuat, stabil, praktis serta awet dan tahan lama habisnya. Dari hasil semua tersebut, dapat diartikan bahwa aki kering sangat baik dan cocok sekali digunakan pada komponen kendaraan-kendaraan baru baik itu motor maupun mobil. Secara pasti kepraktisan accu kering ini merupakan hal utama yang dipertimbangkan oleh sebagian besar pabrikan otomotif. Selain itu, pengguna juga tidak perlu terlalu seringnya melakukan pengecekan dan memeriksa ukuran airnya. Aki kering memang memiliki banyak sekali keunggulan, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat memiliki kendala, maka dari itu kami juga sudah menyiapkan cara merawat aki kering motor dengan tepat agar memiliki usia pemakaian menjadi lebih lama lagi.

Baca  Cara Cek Status E-KTP Online

Aki kering yang biasa juga sering disebut dengan MF Battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai diperkenalkan didunia perotomotifan di Indonesia sejak tahun 2005 an. Aki yang bebas perawatan ini tidak seperti yang accu basah yang harus menjaga level cairan elektrolit tetap setabil dan terdapat aliran listriknya. Untuk itu kami disini akan memberikan beberapa cara merawat aki kering motor agar lebih awet sekaligus cara cek aki kering masih bagus apa tidak berikut ulasanya.

Cara Merawat Aki Kering Motor

  • Kalau motor tidak digunakan sama sekali, hendaknya tetap memanaskan mesin sekitar 2-5 menit/hari. Hal ini bertujuan agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil.
  • Untuk memanaskan mesin dipagi hari, maka direkomendasikan untuk menggunakan kick starter. Hal tersebut bertujuan untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen dalam mesin motor. Apabila sekali starter mesin belum nyala maka jangan menekan secara terus-menerus saklar starter. Beri jeda waktu sebentar untuk membuat daya aki dapat kembali stabil terlebih dahulu.
  • Hindari lubang yang dapat menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan yang kamu miliki. Sebab hal tersebut dapat dengan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki.
  • Selalu cek kabel terminal aki dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi konsleting aliran listrik.
  • Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.
  • Kalau daya sudah melemah lakukan pengisian ulang lagi atau charger dengan menggunakan alat khusus yang memiliki daya kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung besarnya daya aki tersebut.
Baca  Cara Cek Koil Mobil

Nah untuk selanjutnya adalah cara cek aki kering masih bagus apa tidak, dengan begitu dapat mengetahui kelistrikan motor yang dimiliki masih normal dan bisa berjalan dengan baik. Apalagi jika ingin berpergian jauh, sehingga hal tersebut sangat membantu dan menghindarkan diri dari macet atau kerusakan motor. Berikut telah kami siapkan beberapa ulasan terlengkapnya.

Cek Aki Kering Motor

  • Hidupkan mesin sekitar 20 menitan.
  • Kemudian matikan mesin motor yang tadi di nyalakan.
  • Putar kunci kontak ke posisi ON
  • langkah selanjutnya adalah hidupkan blower AC, headlight atau lampu depan, pemanas kaca belakang dan lain sebagainya.
  • Setelah di rasakan sudah 1-2 menitan silahkan matikan beban kelistrikan dan kunci menjadi OFF.
  • Kemudian gunakan alat ukur volt meter atau avometer digital untuk mengukur tegangan positif maupun negatif dari jalur aki. Spesifikasi tegangan pada saat melakukan pengecekan haruslah berada pada kisaran 12,5 hingga 12,9 volt. Jadi jika kurang maka aki kering harus dilakukan isi ulang/charge.

Perlu diketahui juga, jika melakukan pengecekan aki kering harus sesuai standar keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti konsleting kelistrikan mesin kendaraan yang dimiliki. Jika tidak merasa kurang percaya diri untuk melakukan pengecekan aki kering bisa juga mengandalkan tenaga bengkel untuk melihatnya.

Source:

cara mengecek aki kering, cara cek aki masih bagus atau tidak, cara mengetahui aki masih bagus, cara cek aki motor, cara cek aki, cara cek aki kering, cara mengecek aki, cara cek aki kering motor, cara mengecek aki kering motor, Cara mengecek aki motor